Ini 7 Ciri Anak Sudah Siap Masuk SD

Halo bos bis! Assalamualaikum! Rata-rata orang tua akan mengukur berdasarkan umur untuk menilai apakah anak layak masuk SD. Umur siap anak masuk SD rata-rata di umur 6-7 tahun. Itu memang benar, tapi ada hal lain yang harus bos bis perhatikan saat menilai apakah anak sudah siap masuk SD atau belum.

Di bawah ini, oting akan jelaskan 7 ciri anak sudah siap masuk SD.

1. Kemampuan sosial

Regulasi emosi adalah kemampuan di mana seseorang dapat mengatur dan mengubah emosi dirinya maupun orang lain. Hal ini penting dimiliki agar anak dapat tetap tenang saat mengikuti pelajaran berlangsung.

2. Kemampuan mengobservasi lingkungan

Anak diharapkan mampu mengobservasi lingkungan dimana ia berada. Jika anak sudah memiliki kemampuan ini, anak akan lebih mudah untuk mengikuti instruksi guru dan akan lebih mudah meniru dan mengikuti proses belajar mengajar.

3. Komunikasi

Hal ini juga penting dimiliki seorang anak agar anak dapat berinteraksi dengan teman beserta guru-gurunya.

4. Sabar menunggu giliran

Sekolah adalah fasilitas umum, tempat bermain, toilet, dan bahkan proses masuk kelas pun tidak bisa berebutan. Anak harus punya rasa sabar menunggu giliran. Saat anak sudah punya kemampuan ini, anak tidak akan mudah marah karena dia sudah paham mengenai konsep bergiliran.

5. Tahu identitas sendiri

Anak masuk SD harus sudah tahu identitas dirinya sendiri. Nama, alamat, nama orang tua, umur, jenis kelamin harus dia ketahui.

6. Kemampuan dasar

Biasanya kemampuan dasar akan diasah saat bersekolah di tingkat TK. Tapi perlu diketahui kemampuan dasar ini bukanlah bisa belajar menulis dan membaca ya bos bis.

Ada beberapa kemampuan dasar yang harus dikuasai anak:

1. Motorik kasar

Saat bersekolah di tingkat TK, anak akan diajari motorik kasar seperti, lompat jauh dengan mendarat dua kaki, jalan lurus, berdiri satu kaki, serta naik dan turun anak tangga. Kematangan motorik kasar ini penting agar anak dapat duduk dalam jangka waktu yang lebih lama untuk mengerjakan satu tugas tertentu. Karena motorik kasar berperan penting dalam fokus dan konsentrasinya.

2. Motorik halus

Kemampuan motorik halus bisa dilihat dari kemampuan mandiri si anak. Misalnya: mengancingkan baju, memegang pensil, mengikat tali sepatu, dan hal lainnya yang dilakukan sendiri.

3. Kognitif

Kemampuan kognitif lebih ke sudah mengenal huruf dan angka, mengenal bangun ruang, mewarnai rapi di dalam garis, menyusun balok, dan menggunting dan menempel. Jika kemampuan kognitifnya sudah bagus, artinya kontrolnya juga sudah bagus.

4. Bahasa

Bahasa dibagi menjadi dua, pemahaman bahasa dan mengekspresikan bahasa.  Anak harus sudah bisa memahami instruksi guru dan mampu mengungkapkan pendapatnya

7. Konsultasi pada ahli

Meskipun anak sudah terlihat menguasai semua kemampuan di atas. Ada baiknya bos bis konsultasikan terlebih dahulu kepada ahli untuk meyakinkan bahwa anak memang sudah siap masuk SD. Jangan sampai bos bis memasukkan anak ke SD hanya karena tekanan dari orang tua dan tetangga.

Jadi itulah ketujuh ciri anak sudah siap masuk SD. Terima kasih sudah membaca hingga akhir, dan semoga artikel ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan, bos bis bisa kirimkan melalui chat whatsapp dengan klik ikon whatsapp di bawah ini. Bos bis juga bisa lihat artikel tutorial dan lainnya dengan mengetikkan kata kunci di kolom pencarian.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: