Jika Minum Obat Tidur Apakah Susah Dibangunkan?

Halo BosBis semuanya! Assalamualaikum! Apakah BosBis sedang mengalami insomnia dan berpikir untuk meminum obat tidur untuk membantu tidur lelap? Ataukah pasangan atau saudara BosBis ada yang mengalami insomnia dan mengkonsumsi obat tidur setiap kali akan tidur? Dan BosBis penasaran, apakah orang yang mengkonsumsi obat tidur akan susah dibangunkan?

Menurut laman alodokter, saat seseorang sedang berada dibawah pengaruh obat tidur, ia akan tidur terlelap hingga efek obat tidurnya habis. Jika memang perlu dibangunkan tentu saja bisa. Namun cepat atau tidaknya orang tersebut bangun tergantung kepada individu masing-masing, karena efeknya bisa berbeda untuk masing-masing individu.

Perlu diketahui sebelum mengkonsumsi obat tidur, obat tidur juga mempunyai efek samping yang tidak dapat diremehkan. Maka dari itu, sebelum mengkonsumsinya kita perlu tahu terlebih dahulu mengenai obat tidur.

Apakah gangguan tidur harus selalu minum obat tidur?

Jawabannya tentu tidak harus. Gangguan tidur bisa saja disebabkan karena stress, perubahan ritme sirkadian, pola tidur tidak sehat hingga kebiasaan makan terlalu banyak sebelum tidur. Kita harus tahu dulu penyebab kita sulit tidur sebelum memilih untuk meminum obat tidur agar dapat menentukan langkah yang tepat untuk mengatasinya. Tapi, BosBis juga bisa mencoba untuk menerapkan tips di bawah ini.

  1. Disiplinkan diri untuk tidur sebelum jam 10 malam dan bangun jam 6 pagi keesokannya harinya. Tidur teratur dapat membantu tubuh untuk kembali membiasakan diri dengan ritme sirkadiannya.
  2. Lakukan aktifitas di pagi hingga sore hari dengan aktif, supaya malam harinya BosBis akan lebih mudah mengantuk.
  3. Usahakan jangan tidur siang
  4. Hindari konsumsi kafein, alkohol dan kurangi rokok
  5. Jangan makan mendekati waktu tidur, beri jeda 2 jam sebelum tidur
  6. Buat suasana senyaman mungkin
  7. Hindari stress dengan perbanyak meditasi

Namun, jika memang keluhan berlanjut dan terpaksa harus mengkonsumsi obat tidur. BosBis juga harus tahu efek sampingnya terlebih dahulu.

Efek samping obat tidur

Ada beberapa efek samping yang seringnya tidak disadari oleh orang yang mengkonsumsi obat tidur. Beberapa efek samping itu meliputi; pusing, mulut kering, kesulitan dalam koordinasi, mengantuk di siang hari, mimpi yang tidak biasa, gatal dan bengkak, sakit kepala ringan, pernapasan tertekan, dan ketergantungan.

Pada tahap yang lebih lanjut, obat tidur dapat menimbulkan parasomnia. Parasomnia adalah gerakan, perilaku dan tindakan yang tidak dikendalikan, seperti tidur berjalan. Selama Bosbis mengalami parasomnia, BosBis tidak akan sadar apapun yang sudah BosBis lakukan karena BosBis hanya tahu bahwa BosBis sedang tertidur.

Kesimpulan

Untuk itu, menilik dari banyaknya efek samping yang dapat ditimbulkan obat tidur itu sendiri, sebelum meminum obat tidur yang dijual bebas Oting sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter ahli untuk bisa mendapatkan penanganan yang tepat. Dokter juga akan meresepkan obat tidur bila diperlukan dengan dosis yang tepat.

Jadi itu saja yang bisa Oting sampaikan, terima kasih sudah membaca sampai akhir. Jika BosBis masih memiliki pertanyaan, silahkan hubungi Oting dengan klik link WhatsApp yang ada di bawah ini.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: