Kegiatan Untuk Anak Agar Menghindari Bermain Gadget Berlebihan

Halo BosBis semua! Assalamualaikum! Memberikan gadget pada anak pasti sudah sepaket dengan konsekuensinya bagi orang tua. Anak bisa saja menjadi bermain gadget berlebihan, bahkan bisa sampai kecanduan. Untuk itu, orang tua memang harus lebih ekstra lagi dalam mengawasi anak-anak. Selain mengawasi saat dia bermain gagdet, orang tua juga harus mengawasi anak-anak agar tidak sampai kecanduan. Untuk menghindari kecanduan, orang tua harus mengetahui ciri-cirinya terlebih dahulu. Dan sebelum menginjak ke kecanduan, sebaiknya orang tua sudah mulai memikirkan kegiatan lain agar anak bisa melupakan gadgetnya.

Ciri-ciri anak kecanduan gadget

Orang tua harus mulai mengenali tanda-tanda anak kecanduan gadget. Jika anak-anak mulai menunjukkan gejala seperti dibawah ini, sebaiknya orang tua harus mulai bertindak untuk menjauhkan gadget dari anak.

Saat anak mulai kecanduan gadget, dia akan bermain terus sampai lupa waktu. Anak juga akan merasa gelisah saat tidak bisa bermain gagdet, kegelisahannya ini bisa dengan merengek bahkan sampai menangis menjerit. Anak juga jadi semakin ingin menambah durasi bermain gadgetnya dan tidak mengindahkan apa yang dilarang orang tuanya. Hal yang paling parah, anak akan kehilangan minat untuk bermain di luar rumah.

Kegiatan yang bisa dilakukan untuk menghindari gadget

Hal pertama yang perlu orang tua lakukan adalah dengan bersikap tegas atas aturan penggunaan gadget ini. Sudah pasti anak akan mengamuk, tapi orang tua harus tetap tahan dan bersabar. Berikut ini ada beberapa kegiatan yang bisa orang tua lakukan agar anak menghindari gadget.

Cobalah lebih sering mengajak anak bermain keluar rumah, seperti ke taman dekat rumah atau sekedar bercengkerama dengan anak tetangga. Awalnya mungkin anak menolak, tapi cobalah untuk terus membujuknya.

Berikan permainan yang mengasah kreatifitas, seperti menggambar dengan cat air, mewarnai dengan crayon atau memberikan lilin playdoh. Anak-anak selalu senang bermain air dan bermain dengan banyak warna. Jika menolak, cobalah mengajaknya bermain bersama. Lilin playdoh biasanya selalu sukses memicu kreatifitas anak.

Cobalah untuk mengajak anak berolahraga, dengan melakukan permainan tangkap lari atau menggunakan alat olahraga seperti lompat tali. Anak-anak selalu menyenangi permainan berlari dan melompat. Ajak juga ayah atau nenek kakek agar anak lebih termotivasi untuk mengikuti ajakan berolahraga.

Penutup

Semangat untuk para orang tua yang sedang mencoba membuat anaknya menghindar dari kecanduan gadget. Era digital memang punya dampak baik dan dampak buruk terhadap orang dewasa, terlebih anak-anak. Kita sebagai orang tua memang harus lebih pintar mengontrolnya.

Itu saja yang bisa Oting sampaikan. Terima kasih sudah membaca sampai akhir, jika ada pertanyaan silahkan hubungi Oting dengan klik ikon WhatsApp di bawah ini.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: