Kenapa Anak Sering Menolak Makan Sayuran?

Halo BosBis semua! Assalamualaikum! Kali ini Oting akan mencoba menjelaskan alasan kenapa anak sering menolak makan sayuran dan tips mengatasinya. Memang sebagai orang tua, memastikan anak untuk mendapatkan asupan gizi alami yang cukup adalah salah satu keharusan. Namun, terkadang anak-anak memiliki keinginannya sendiri dan jadi pemilih dalam hal makanan. Termasuk memilih untuk menolak makan sayuran.

Kenapa anak tidak suka makan sayur?

Sebagian besar anak tidak menyukai makan sayur karena rasanya yang tidak seenak daging, ayam dan buah. Sebagian besar sayuran memang memiliki rasa yang hambar dan ada juga yang sedikit pahit. Saat anak memakan sayur yang rasanya pahit, memori itu akan tertanam dalam otak anak. Hasilnya, anak jadi menganggap semua sayur itu rasanya pahit dan tidak enak dimakan. Alasan lain kenapa anak tidak suka makan sayur bisa saja karena trauma. Hal ini diakibatkan orang tua yang kerap kali memarahi anak saat anak tidak mau makan sayuran. Karena hal itu, anak akan menyimpan memori bahwa makan sayur adalah kegiatan yang tidak menyenangkan.

Tips dan trik membuat anak suka makan sayur

Orang tua perlu mengasah otak dan menjadi orang tua kreatif agar anak kembali suka makan sayur. Bisa dengan mencoba pelan-pelan menjelaskan manfaat dari sayuran itu sendiri setiap kali menawarkan makan sayur. Atau mungkin bercerita tentang sayuran melalui dongeng. Dengan ini, orang tua akan menanamkan pada anak bahwa makan sayur itu menyenangkan dan sayur itu menyehatkan tubuh. Strategi lain yang bisa orang tua lakukan adalah dengan mencampur sayuran dengan makanan kesukaan anak. Buat kreasi makanan dari sayuran yang menarik, seperti kue muffin wortel. Ajak anak untuk makan bersama dan contohkan pada anak bahwa makan sayur itu menyenangkan dan enak. Dan terakhir, jangan pernah paksa anak untuk makan sayur apalagi sampai memarahinya karena akan menimbulkan trauma.

Kesimpulan

Anak yang sulit makan sayur memang jadi PR besar bagi para orang tua terutama ibu. Ibu harus berpikir kreatif dan lebih keras untuk membuat kreasi masakan dari sayuran agar anak pelan-pelan mengenal rasa sayuran dan menyukai rasa sayuran itu sendiri. Semangat untuk para ibu di sana yang sedang berjuang agar anaknya menyukai sayuran.

Terima kasih bagi BosBis yang sudah membaca artikel ini sampai akhir. Jika BosBis tertarik dengan konten parenting seperti ini dan memiliki pertanyaan seputar parenting, silahkan kontak Oting dengan klik ikon WhatsApp di bawah.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Tags:
Categorised in: