Kenapa Kita Harus Tidur 7-8 Jam Sehari?

Halo BosBis semuanya! Assalamualaikum! Para ahli mengemukakan bahwa orang dewasa sebaiknya tidur tujuh hingga delapan jam sehari. Jika kurang atau lebih dari durasi tersebut akan menimbulkan berbagai gangguan kesehatan seperti pusing, diabetes, obesitas, penyakit jantung, bahkan bisa menimbulkan kematian. Jika kita kurang tidur, kita akan selalu merasa ngantuk sepanjang hari dan konsentrasi akan berkurang. Tidak jarang ada yang mengalami penyakit seperti kelelahan dan ada pula yang mempengaruhi mood mereka. Jika kita kelebihan tidur, pergerakan tubuh tentu saja akan sedikit dan kalori dalam tubuh tidak terbakar sempurna. Akibatnya akan timbul masalah obesitas, diabetes bahkan pada beberapa kasus menimbulkan kematian.

Di bawah ini Oting akan sedikit menjelaskan dampak buruk kelebihan dan kekurangan tidur

Dampak buruk kurang tidur

Tubuh manusia tentunya butuh istirahat yang cukup agar tubuh dapat meregenerasi dan memperbaiki sel-sel yang rusak. Jika kita selalu memaksakan diri untuk terjaga dan terus melakukan berbagai aktivitas tentu saja kegiatan regenerasi sel ini tidak akan terjadi secara maksimal. Akibatnya akan timbul berbagai penyakit dari yang ringan hingga berbahaya.

Pada tahap ringan, orang yang kurang tidur akan selalu merasa ngantuk setiap harinya dan akan sulit berkonsentrasi. Ada pula yang mengalami mood swing atau gangguan suasana hati dan kecemasan. Pada jangka panjang, kurang tidur dapat meningkatkan resiko diabetes, obesitas, stroke, kanker, dan rentan menderita penyakit jantung.

Dampak buruk kelebihan tidur

Kelebihan tidur juga memiliki dampak buruk sendiri. Tubuh manusia perlu bergerak dan beraktivitas agar kalori dalam tubuh terbakar dengan sempurna, sekaligus menyempurnakan metabolisme dalam tubuh pula. Jika kita tidur lebih lama, kegiatan membakar kalori ini tentu saja akan berkurang, dan metabolisme tubuh pun terganggu.

Pada tahap ringan, orang yang kelebihan tidur akan merasa pusing meski sudah tidur lama dan mengalami sakit punggung. Kelebihan tidur juga dapat menyebabkan penyakit mental. Pada jangka panjang, kelebihan tidur dapat menyebabkan obesitas, diabetes, dan meningkatkan penyakit jantung. Pada tahap yang lebih parah bisa menyebabkan kematian.

Kesimpulan

Seperti yang sering disinggung banyak orang, apapun itu harus secukupnya karena apa yang kurang tidak terasa baik, dan yang berlebihan pun tidak akan lebih baik. Jika memang disarankan oleh para ahli untuk tidur 7 hingga 8 jam, maka lakukanlah. Saat sakit, tidak akan ada yang nyaman bahkan untuk tidur sekalipun. Maka dari kitu, menjaga kesehatan sangat perlu dilakukan sesederhana menjaga jam tidur.

Itu saja yang bisa Oting sampaikan, terima kasih sudah membaca. Jika BosBis masih memiliki pertanyaan, silahkan hubungi Oting dengan klik ikon WhatsApp di bawah ini.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: