Kenapa Komik Tidak Dapat Dipisahkan Dari Gambar?

Halo BosBis semuanya! Assalamualaikum! Tahukah BosBis, komik sudah ada sejak abad ke-19 dan berkembang pesat pada era pasca Perang Dunia II. Komik strip modern mulai muncul di Jepang pada awal abad ke-20. Dan menurut beberapa sumber, komik yang dicetak dan dipublikasikan secara massal adalah komik “Les Amours de Mr. Vieux Bois”. Komik ini dibuat oleh komikus Rudolphe Topffer pada tahun 1837.

Apa komik harus selalu gambar?

Jika menilik dari sejarah tadi, tentu saja iya. Karena menurut wikipedia pun, komik memiliki pengertian media yang digunakan untuk mengekspresikan ide dengan gambar, sering dikombinasikan dengan teks atau informasi visual lainnya.

Sedangkan komik menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai cerita bergambar (dalam majalah, surat kabar, atau bentuk buku) yang umumnya mudah dicerna dan lucu.

Komik pun memiliki banyak sebutan. Komik dalam Bahasa Indonesia memang menyerap dari kata Bahasa Inggris yaitu comic. Sedangkan di Jepang, komik disebut Manga, di China disebut Manhua, dan di Korea disebut Manhwa. Pada intinya mengarah kepada satu pengertian yang sama. Yaitu cerita bergambar yang mudah dicerna dengan kombinasi teks atau informasi visual lainnya.

Komik jaman sekarang

Seperti sudah disebutkan diatas bahwa komik jaman sekarang berkembang dengan pesat. Komik juga sudah semakin banyak jenisnya. Ada komik strip, komik tahunan, komik online, komik ringan, dan buku komik.

Dari sepengetahuan Oting, dari kesemua jenis komik tadi, yang paling populer adalah komik online dan buku komik. Bentuk buku komik yang tipis dan kecil bisa menjadi bacaan ringan disela-sela kesibukan sehari-hari. dan biasanya buku komik jadi sasaran para kolektor komik.

Karena jaman yang sudah semakin canggih dan koneksi internet mudah didapatkan, komik online atau comic web menjadi pilihan yang paling banyak dipilih orang. Terlebih lagi, sekarang sudah banyak sekali aplikasi komik yang dapat diakses dengan mudah.

Jadi, BosBis biasanya lebih suka baca buku komik atau komik online?

Jadi itu saja yang bisa Oting sampaikan. Terima kasih sudah membaca sampai akhir. Jika ada pertanyaan, silahkan hubungi Oting dengan klik ikon WhatsApp yang ada di bawah ini.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: