Kenapa Perpustakaan Harus Memasarkan Dirinya?

Halo BosBis semua! Memang perpustakaan adalah sebuah institusi pelayanan publik yang bersifat nirlaba. Tapi pada dasarnya perpustakaan juga harus berani memasarkan dirinya di jaman modern seperti sekarang. Kenapa harus dipasarkan? Kita lihat penjelasannya di bawah.

Perpustakan harus bertahan agar tetap ada

Meski memang perpustakaan bukan berorientasi bisnis. Tapi pada kenyataannya perpustakaan juga memiliki pesaing. Untuk itu perpustakaan perlu memasarkan dirinya agar tidak dilupakan masyarakat. Dengan begini perpustakaan akan tetap ada dan jika pemasarannya bagus, perpustakaan akan ramai dikunjungi.

Kenapa perpustakaan terancam dilupakan?

Jika dulu untuk mendapatkan informasi tambahan kita akan pergi ke perpustakaan sekolah, kampus, atau perpustakaan daerah terdekat guna mendapatkan buku yang dapat menunjang informasi yang kita butuhkan. Namun, di era informasi seperti sekarang, banyak orang yang merasa kerepotan jika harus pergi ke perpustakaan dan menyaring banyak buku. Karena itulah, pergi ke perpustakaan dilupakan dan banyak orang lebih memilih untuk mencari informasi memakai mesin pencari google. Selain itu juga ada pesaing lain yang mengancam keberadaan perpustakaan.

Apa saja pesaing perpustakaan?

Hal pertama yang menjadi pesaing perpustakaan adalah toko buku, taman bacaan, perpus keliling dan lain sejenisnya. Jika kita dekat dengan salah satu tempat yang disebutkan diatas, taman bacaan misalnya, tentulah kita akan lebih memilih untuk datang ke tempat tersebut dibanding ke perpustakaan yang jaraknya mungkin lebih jauh dari taman bacaan terdekat. Terlebih lagi taman bacaan memiliki konsep yang bisa membuat pengunjungnya menghabiskan waktu dengan bersantai sambil membaca buku. Hal kedua yang menjadi pesaing paling utama perpustakaan adalah adanya mesin pencari google. Karena teknologi ini, orang lebih mudah mencari informasi hanya dengan mengetik satu atau dua kata kunci.

Harapan untuk perpustakaan

Harapannya dari Oting adalah, semoga kedepannya perpustakaan lebih menonjolkan dirinya. Pemasaran memang perlu agar perpustakaan tidak dilupakan keberadaannya. Kelebihan perpustakaan juga harus ditonjolkan agar masyarakat mau berkunjung.

Sekian penjelasan tentang kenapa perpustakaan harus memasarkan dirinya. Semoga penjelasan Oting bisa bermanfaat bagi BosBis semua. Terima kasih sudah membaca, jika ada pertanyaan silahkan hubungi kami.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Tags:
Categorised in: