>

Kenapa Tokopedia Lemot Terbaru Juni 2022

Kenapa Tokopedia Lemot Terbaru Juni 2022

Halo BosBis semuanya! Assalamualaikum! Saat berselancar di Tokopedia, mencari-cari produk dan mendapati aplikasi Tokopedia yang lemot tentu saja bikin kita kesal. Tapi jangan dulu buru-buru uninstall aplikasinya, mungkin saja penyebabnya adalah salah satu dari 3 penyebab yang akan Oting jelaskan di bawah ini. Oting di sini akan menjelaskan penyebab aplikasi Tokopedia menjadi lemot dan solusi untuk hal tersebut. Yuk kita langsung saja ke pembahasannya.

Lemot karena jaringan internet

Hal pertama yang harus BosBis cek adalah jaringan internet. Pada beberapa kasus, jaringan internet bisa saja sedang mengalami gangguan karena cuaca, seperti, hujan besar dan angin kencang. Cek juga kuota yang tersisa, pada beberapa provider, kuota yang sedikit bisa menyebabkan lemot karena sistem otomatis yang mengurangi pemakaian data saat kuota sudah tinggal sedikit. BosBis bisa juga cek tempat sekitar, beberapa tempat terkadang tidak cocok bagi jaringan internet provider tertentu.

Perbarui aplikasi Tokopedia

Setelah mengecek jaringan internet dan tidak ada masalah dengan itu, cobalah untuk mengecek update terbaru dari aplikasi Tokopedia.

1. Buka aplikasi Play Store

2. Cari Tokopedia di kolom pencarian

Cari Tokopedia di kolom pencarian
Cari Tokopedia di kolom pencarian

3. Klik aplikasi Tokopedia

Klik aplikasi Tokopedia
Klik aplikasi Tokopedia

4. Klik update

Jika memang aplikasi Tokopedia belum mengalami pembaruan, biasanya pada tombol berwarna hijau yang bertuliskan buka akan berubah menjadi tulisan update. Klik pada tombol tersebut untuk mulai meng-update. Jika memang sudah pernah update dan Tokopedia masih saja lemot. BosBis bisa lakukan cara yang ketiga.

Klik update
Klik update

Hapus data cache aplikasi Tokopedia

Solusi terakhir adalah dengan menghapus data cache aplikasi Tokopedia. Hal ini memungkinkan karena cache merupakan data sampah yang dihasilkan dari kegiatan kita saat berselancar di Tokopedia. Dengan menghapus data cache ini, itu artinya kita sudah membersihkan file-file yang tidak penting yang dapat memberatkan sistem aplikasi Tokopedia.

1. Buka pengaturan HP

2. Klik manajemen aplikasi

Pada beberapa tipe HP, manajemen aplikasi memiliki perbedaan nama meski fungsinya sama. Sesuaikan dengan layout yang ada di HP masing-masing.

klik manajemen aplikasi
klik manajemen aplikasi

3. Klik daftar aplikasi

klik daftar aplikasi
klik daftar aplikasi

4. Cari Tokopedia di kolom pencarian lalu klik

cari dan klik tokopedia
cari dan klik tokopedia

5. Klik penggunaan penyimpanan

klik penggunaan penyimpanan
klik penggunaan penyimpanan

6. Klik hapus cache

klik hapus cache
klik hapus cache

Nah, jadi itulah 3 penyebab sekaligus solusi untuk Tokopedia yang lemot. Terima kasih sudah membaca sampai akhir, jika ada pertanyaan silahkan hubungi Oting dengan klik ikon WhatsApp yang ada di bawah ini.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: ,