Kenapa Wanita Kalau PMS Sering Marah?

Karena Hormon

Tubuh wanita memiliki sel telur yang jika saat sel telur ini matang dan tidak terjadi pembuahan, maka sel telur ini akan terlepas dari dinding rahim dan menyebabkan menstruasi. Proses ini akan mempengaruhi naik turunnya kadar estrogen dalam tubuh. Akibat ini pula lah, muncul rasa tidak nyaman yang memicu kecemasan, stres dan depresi. Untuk itulah, kenapa wanita menjadi lebih sensitif saat PMS.

Sakit saat menstruasi

Peluruhan sel telur bagi sebagian wanita bisa menyebabkan sakit yang luar biasa. Secara umum, menstruasi bisa menyebabkan perut kembung, mulas, dan rasa tidak nyaman di area perut. Hal ini juga jadi penyebab kenapa wanita jadi sering marah. Di saat seperti ini, keinginan wanita adalah menjalani hari dengan tenang diluar sibuknya memikirkan rasa sakit di area perutnya. Tapi seringkali timbul masalah kecil yang menjadikan hari-harinya menjadi jauh lebih sulit.

Tips menjaga mood saat PMS

Meski memang menjadi gampang marah saat PMS sudah dapat dimaklumi oleh sebagian orang, terutama pasangannya. Tapi perasaan sering marah ini tetap tidak terasa nyaman. Berikut ada tips agar tetap bisa menjaga mood saat PMS.

  1. Rutin berolahraga
  2. Hindari minuman dan makanan berkafein
  3. Perbanyak minum air putih
  4. Makan cemilan sehat disela makanan utama
  5. Mengkonsumsi susu rendah lemak

NB: Tertarik dengan topik gaya hidup? Yuk, mengobrol dengan kami!

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Tags:
Categorised in: