Lebih Sehat Gula Pasir Atau Gula Diet?

Halo BosBis semuanya! Assalamualaikum! Seperti banyak yang disinggungkan oleh ahli gizi, bahkan influencer kesehatan, gula memang tidak baik bagi tubuh jika dikonsumsi berlebih. Gula dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, seperti; meningkatkan resiko diabetes, tekanan darah tinggi dan memicu obesitas. Gula juga dapat mempercepat mengalami pikun dan penuaan dini. Tentulah semua orang tidak ingin mengalami masalah-masalah kesehatan tersebut bukan? Tapi kita tidak bisa secara drastis menghilangkan pengaruh gula untuk lidah kita. Lidah kita pastinya akan selalu menginginkan rasa manis meski hanya sedikit.

Beberapa website kesehatan bahkan membuatkan artikel bahwa cara mengganti penggunaan gula adalah dengan gula diet. Jadi, jika menilik kembali pertanyaan yang menjadi judul artikel ini, lebih sehat gula pasir atau gula diet? Tentu saja jawabannya adalah gula diet. Tapi mari kita mengenal apa sih yang dimaksud gula diet ini.

Apa itu gula diet?

Gula pasir pada umumnya memiliki jumlah kalori yang cukup tinggi. 1 sendok makan gula biasanya mengandung 50 kalori, jumlah yang terlampau besar jika dibandingkan dengan gula diet yang biasanya memiliki sedikit kalori bahkan ada yang tidak memiliki kalori sama sekali. Karena itulah gula diet ini disebut juga dengan gula rendah kalori.

Seperti yang kita tahu, kandungan gula atau karbohidrat yang terlalu banyak masuk ke tubuh bisa menimbulkan berbagai macam penyakit seperti diabetes, dan kandungan kalori yang terlalu banyak masuk ke tubuh bisa menimbulkan obesitas.

Untuk itu, satu-satunya cara untuk mensiasati kelebihan gula adalah dengan menggunakan gula rendah kalori. Gula rendah kalori ini merupakan pemanis buatan yang aman dikonsumsi sehari-hari terutama untuk penderita diabetes dan kelebihan berat badan atau obesitas.

Jenis gula diet atau gula rendah kalori

Adapun beberapa jenis gula diet atau gula rendah kalori yang bisa dikonsumsi adalah aspartam, sukralosa, dan stevia. Oting sendiri lebih sering mendengar gula stevia dan dijual secara online dengan iklan yang menggaungkan bahwa gula stevia bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Selain ketiga jenis gula tersebut, ada pula gula yang lebih terkenal dan lebih mudah didapatkan yaitu gula yang diproduksi oleh merk Tropicana Slim. Gula diet Tropicana Slim sudah umum digunakan untuk pengganti gula, dan memang jika dibanding gula pasir, gula diet atau gula rendah kalori ini punya rasa manis yang lebih kuat. Dalam penggunaannya tidak perlu sebanyak gula pasir yang biasanya kita konsumsi.

Jadi itulah BosBis penjelasan mengenai gula diet, jadi dapat disimpulkan bahwa gula diet atau gula rendah kalori lebih sehat dibanding gula pasir ya BosBis. Terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan, silahkan hubungi Oting dengan klik link WhatsApp yang ada di bawah ini.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: