>

Makanan Yang Sebaiknya Dihindari Setelah Vaksinasi COVID

Halo bos bis semuanya! Assalamualaikum! Diambil dari Wikipedia, Vaksin adalah sediaan biologis yang digunakan untuk menghasilkan kekebalan adaptif terhadap penyakit infeksi tertentu. Vaksin bertujuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap mikroorganisme penyebab penyakit tersebut. Tidak terkecuali dengan vaksin covid, Vaksin covid adalah mikroorganisma yang sudah dilemahkan yang bila diberikan kepada orang yang sehat dapat menimbulkan antibodi spesifik terhadap mikroorganisme tersebut. Jadi meskipun terpapar, gejala yang ditimbulkan tidak akan seburuk dengan orang yang terpapar dan sebelumnya belum pernah vaksin sama sekali.

Setelah disuntik vaksin, biasanya tangan yang disuntik akan merasa pegal dan sedikit nyeri. Tapi hal itu normal, karena vaksin sedang bekerja. Tapi, perlu bos bis ketahui, dikutip dari laman bola.com, agar vaksin lebih efektif dalam tubuh kita, sebaiknya kita hindari beberapa makanan dan minuman yang akan oting jelaskan di bawah ini.

1. Minuman beralkohol

Minuman beralkohol mempunyai dampak negatif bagi sistem kekebalan tubuh karena dapat menghambat pertumbuhan sel B dan T atau sel imunitas adaptif. Jadi sebaiknya hindari minum minuman beralkohol sehabis divaksin.

2. Minuman berenergi

Pada umumnya, minuman berenergi mengandung gula yang sangat tinggi dan mengandung kafein yang dapat membebani kelenjar adrenal. Selain itu, minuman yang tinggi gula dapat meningkatkan potensi obesitas.

3. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji memiliki lemak jenuh dan garam yang tinggi. Jadi sebaiknya hindari makanan cepat saji sehabis vaksin.

4. Makanan olahan

Makanan olahan adalah makanan yang diproses dengan pemrosesan yang tinggi di pabrik.

5. Makanan manis

Makanan manis juga sebaiknya dihindari. Makanan yang tinggi gula akan menyebabkan penurunan daya tahan tubuh.

6. Gorengan

Gorengan memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi. Lemak yang ada di dalam gorengan pun akan sulit dicerna.

7. Makanan mengandung pengawet

Mie instan, kornet, ikan kalengan mengandung bahan pengawet. Hindari makanan-makanan ini setelah proses vaksinasi.

Itulah 7 macam makanan yang harusnya dihindari setelah vaksin. Hindari makanan ini beberapa hari setelah vaksinasi sampai gejala pasca vaksinasi menghilang. Akan lebih baik jika bos bis terus menghindari ketujuh makanan ini agar tubuh sehat selalu.

Terima kasih sudah membaca artikel ini dan semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan, silahkan hubungi oting dengan klik ikon whatsapp yang ada di bawah ini. Bos bis bisa cari artikel, tips dan tutorial lainnya dengan mengetikkan kata kunci di kolom pencarian yang ada di bagian atas.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: ,