Manfaat Membaca Novel dan Buku Non Fiksi

Halo BosBis semuanya! Assalamualaikum! Membaca adalah sebuah kegiatan yang selain bisa menambah ilmu dan wawasan juga dapat menurunkan tingkat stress, meningkatkan konsentrasi, meningkatkan kemampuan komunikasi dan membantu kita terhindar dari Alzheimer. Tapi tahukah BosBis ada manfaat lain yang lebih signifikan saat kita membaca sebuah bacaan seperti novel atau buku non fiksi seperti buku pengembangan diri. Di bawah ini Oting akan mencoba menjelaskan manfaat dalam membaca novel dan buku non fiksi satu per satu.

Manfaat membaca novel

Dalam sebuah novel, kita dihadapkan dengan cerita yang tentunya merupakan hasil imajinasi penulis dengan tentunya banyak riset yang penulis lakukan sebelum membentuk sebuah cerita tersebut. Novel terpecah dari berbagai genre, contohnya novel genre fantasi dan fiksi sejarah. Dalam genre fantasi tentu saja dunia yang diciptakan penulis berbeda dengan dunia yang kita tinggali saat ini, sedangkan fiksi sejarah biasanya menggambarkan cerita yang memuat kehidupan selama masa periode tertentu. Tentu saja genre novel tidak hanya ini saja, ada pula yang bergenre horor, thriller, misteri, romance, dan fiksi ilmiah.

Dari kedua genre ini saja kita bisa mendapatkan banyak manfaat. Kita ambil salah satu contohnya, genre fantasi. Saat membaca fantasi kita ditantang untuk ikut berimajinasi, menangkap dunia baru yang dicoba disampaikan penulis dalam bukunya. Hasilnya, bisa menurunkan tingkat stress dari kehidupan dunia yang rumit sehari-hari dan meningkatkan daya imajinasi dan kreatifitas.

Manfaat membaca buku non fiksi

Genre untuk bacaan non fiksi tentulah banyak. Misalnya; motivasi, pengembangan diri, biografi, sejarah, memoar, dan otobiografi. Non fiksi lebih memuat hal-hal yang bersifat fakta dan kenyataan. Secara umum, buku non fiksi memuat cerita informatif yang disusun berdasarkan fakta yang terjadi di dunia nyata. Manfaat membaca buku non fiksi bisa membuat kita mendapatkan manfaat dalam membaca buku, yaitu menambah wawasan dan ilmu pengetahuan. Tapi ada pula buku non fiksi yang bisa bermanfaat lain, kita ambil contoh buku pengembangan diri.

Buku pengembangan diri memang dikhususkan bagi BosBis yang memiliki masalah-masalah rumit di kehidupan nyata dan berusaha memperbaikinya dengan membaca buku. Buku pengembangan diri memang hadir selain untuk menambah wawasan dan pengetahuan, juga untuk meningkatkan kualitas mental kita. Buku jenis ini akan membantu pembaca untuk lebih memahami diri dan kehidupan yang dijalaninya. Manfaat lain dalam membaca buku jenis ini adalah bisa membantu pembacanya untuk membangun rasa percaya diri dan meningkatkan kebahagiaan.

Kesimpulan

Membaca novel ataupun buku non fiksi seperti pengembangan diri, keduanya punya manfaat yang sama-sama positif bagi diri kita. Membaca novel memang punya tujuan lebih untuk menghibur kita, sedangkan buku non fiksi punya tujuan lebih untuk menambah wawasan. Tapi secara umum, keduanya sama-sama dapat membantu kita untuk terhindar dari stress, meningkatkan konsentrasi, dan manfaat lainnya yang sudah pernah Oting tulis sebelumnya.

Terima kasih sudah membaca sampai akhir, jika BosBis masih memiliki pertanyaan atau tertarik seputar topik gaya hidup, BosBis bisa hubungi Oting dengan klik ikon WhatsApp yang ada di bawah ini.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: