Manfaat Tidur Cukup Untuk Kesehatan Organ Pernapasan

Banyak yang belum tahu kalau kurang tidur dapat mempengaruhi organ pernapasan. Pada dasarnya tidur adalah waktunya tubuh meregenerasi sel-sel dan dapat menjaga kinerja organ dalam tubuh. Oleh sebab itu, banyak ahli yang menyarankan agar setiap orang menjaga kualitas tidurnya.

Manfaat tidur untuk organ pernapasan

Jika seseorang mengalami kurang tidur, atau mengalami kualitas tidur buruk, hal ini bisa memicu gangguan paru-paru. Gangguan ini bisa menimbulkan perubahan pola pernapasan, ventilasi yang kurang baik, dan buruknya pertukaran gas dalam paru-paru. Maka dari itu, menjaga tidur artinya menjaga organ pernapasan agar tetap sehat.

Lama tidur dan kualitas tidur yang baik

Pada umumnya, tidur yang baik berkisar selama 7-8 jam. Tapi lamanya tidur tidak menentukan kualitas tidur. Tidur yang berkualitas artinya harus tidur nyenyak dan ini dipengaruhi beberapa faktor, seperti suhu kamar yang tidak nyaman, minum kafein terlalu banyak, kebiasaan tidur buru dan kondisi stress yang mengganggu.

Kesimpulan

Menjaga kualitas dan kuantitas tidur penting untuk dilakukan agar menjaga organ pernapasan tetap sehat. Tidak hanya organ pernapasan, tapi keseluruhan bagian tubuh. Bangun tidur akan lebih segar dan terhindar dari berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh kurang tidur.

Jadi itu dia sedikit penjelasan tentang manfaat tidur cukup untuk organ pernapasan. Semoga artikel ini bisa membantu BosBis semua. Terima kasih sudah membaca dan jika ada pertanyaan, silahkan hubungi kami.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Tags:
Categorised in: