Mataku Minus 1.25, Apakah Harus Pakai Kacamata?

Halo bos bis semuanya! Assalamualaikum! Seperti yang oting kutip dari halaman docdoc.com, Kacamata adalah bingkai yang menopang dua buah lensa kaca atau plastik yang dapat dipakai seseorang di depan mata untuk memperbaiki masalah penglihatan seperti astigmatisme, rabun jauh, dan rabun dekat. Mata minus biasanya dikaitkan dengan rabun jauh, yang artinya jarak pandang bos bis terhadap objek yang jaraknya jauh akan berkurang. Hal ini menjadikan bos bis tidak akan melihat dengan jelas objek pada jarak pandang yang sama dibandingkan dengan orang yang bermata normal.

Minus 1.25 apakah harus pakai kacamata?

Sebenarnya, dokter mata menyarankan bos bis untuk memakai kacamata meskipun mata bos bis memiliki minus yang kecil, 0.5 misalnya. Hal ini guna membantu mata agar tidak cepat lelah akibat bekerja ekstra saat melihat objek dengan jarak pandang yang jauh.

Perlu bos bis ketahui, saat akan memakai kacamata, sebaiknya periksakan terlebih dahulu kepada dokter mata agar mendapatkan diagnosis yang tepat. Kacamata dengan minus yang lebih rendah maupun lebih tinggi daripada minus mata kita yang sebenarnya, bisa menimbulkan efek samping seperti mata lelah, sakit hingga pusing atau sakit kepala. Hal ini dikarenakan mata lebih cepat lelah karena kacamata yang tidak sesuai dengan kondisi mata bos bis.

Memakai kacamata bisa menyembuhkan minus?

Hal ini perlu diluruskan karena sejak dulu orang-orang masih salah paham tentang hal ini. Kacamata hanya berperan sebagai alat bantu penglihatan bagi bos bis yang memiliki kendala mata minus. Seperti oting yang memiliki kondisi mata minus 2.5 untuk kedua mata, sudah merasa kesulitan melihat jika tidak memakai kacamata, apalagi jika langit sudah gelap. Terlebih jika diharuskan untuk menonton bioskop, jika tidak membawa kacamata, rasanya lebih baik oting tidur saja daripada harus memaksakan diri menonton tanpa kacamata. Karena tanpa kacamata, untuk tetap fokus pada satu objek saja, mata akan lebih mudah lelah dan kepala bisa terasa pusing.

Jadi untuk meluruskan mitos baik kacamata bisa menyembuhkan dan juga bisa memperparah minus, itu tidak benar ya bos bis. Kacamata hanya berperan sebagai alat bantu penghilatan saja.

Jadi itu saja yang dapat oting sampaikan. Terima kasih sudah membaca hingga akhir dan semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan, silahkan hubungi oting dengan klik ikon whatsapp di bawah ini.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Tags:
Categorised in: