Mengapa Anak Tidak Boleh Main Di Tempat Tidur

Halo BosBis semuanya! Assalamualaikum! Semua anak senang bermain loncat-loncat ditempat tidur. Tapi kita sebagai orang tua harus mengajarkan etika yang baik saat berada di tempat tidur. Tentu saja salah satunya adalah untuk tidak bermain di tempat tidur. Tapi bagaimana caranya agar anak mengerti? Tentunya dengan memberikan penjelasan serta alasan yang dipahami si kecil.

Tempat tidur itu bukan untuk main

Hal mendasar yang harus dipahami si kecil adalah bahwa tempat tidur itu tempatnya untuk tidur bukan untuk main. Seperti kita diajarkan bahwa makan tempatnya di meja makan. Menaruh pakaian tempatnya di lemari. Mandi, pipis, dan buang air besar di toilet atau kamar mandi. Semuanya ada tempatnya. Hal sederhana ini jika dipahami si kecil, lambat laun dia akan paham bahwa semua hal punya tempatnya sendiri. Dari hal sesederhana menaruh mainan di kotak mainan. Mengerjakan PR di meja belajar. Menaruh pakaian bekas pakai di keranjang cucian. Hal ini juga dapat memicu kemandirian si kecil secara perlahan.

Tempat tidur harus bersih

Kita juga perlu mengajarkan anak-anak bahwa tempat tidur harus dalam keadaan bersih agar nyaman untuk dipakai tidur. Jika tempat tidur dipakai bermain, tentu kita anak akan dengan sembarangan menaiki tempat tidur tanpa mencuci kakinya terlebih dahulu, atau bermain di tempat tidur sambil membawa makanan. Jika ini terjadi, tempat tidur bisa kotor dan tidak akan nyaman untuk kita tidur nanti. Remahan makanan akan tertinggal dan dapat mengundang serangga kecil seperti semut dan kecoak.

Tempat tidur harus rapi

Selain bersih, agartidur lebih nyaman tentu saja tempat tidur harus rapi. Tempat tidur yang rapi dapat meningkatkan rasa nyaman saat akan tidur. Kualitas tidur si kecil akan lebih baik dan si kecil pun akan lebih nyaman saat naik ke tempat tidur. Mengajarkan bahwa tempat tidur harus tetap rapi pada si kecil akan menimbulkan rasa keharusan untuk menjaga kerapihan tempat tidur. Pada jangka panjang, si kecil akan mulai terbiasa melihat tempat tidurnya dalam keadaan rapi dan tidak nyaman jika berantakan. Selebihnya mungkin akan menimbulkan kemandirian si kecil untuk merapikan tempat tidurnya sendiri.

Kesimpulan

Semua orang tua ingin mengajarkan kemandirian pada anaknya. Hal paling sederhana adalah untuk menjaga kamarnya agar tetap rapi. Ketiga hal diatas adalah alasan yang dapat BosBis sampaikan ke anak agar tetap menjaga kerapihan kamarnya. Selain itu, hal ini juga demi kenyamanan si kecil di kamarnya sendiri.

Jadi itu saja yang bisa Oting sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih sudah membaca hingga akhir, jika ada pertanyaan silahkan hubungi Oting dengan klik ikon WhatsApp yang ada di bawah ini.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: