Mengapa Aturan Siswa Di Sekolah Tidak Membolehkan Siswa Jajan Sembarangan?

Halo BosBis! Assalamualaikum! Kali ini Oting mau menjelaskan kenapa ada aturan bahwa siswa tidak diperbolehkan jajan sembarangan saat di sekolah. Sebenarnya hal ini berkaitan untuk menjaga kesehatan para siswa, karena sekolah memiliki tanggung jawab untuk menjaga para siswa saat berada di area sekolah.

Bahayanya jajan sembarangan di sekolah

Banyak sekali pedagang jajanan di pinggir luar area sekolah. Jajanan pinggir sekolah seperti ini sangat berbahaya karena makanan bisa saja sudah terpapar debu jalanan, lalat pembawa penyakit dan bahan olahan yang tidak diketahui segar atau tidaknya. Seperti halnya makanan yang digoreng. Jika diperhatikan dengan seksama, minyak yang digunakan warnanya sudah sangat menghitam. Hal ini menjadi tanda bahwa minyak tersebut sudah berulang kali dipakai tanpa diganti. Tentunya ini bisa membahayakan kesehatan anak-anak.

Penyakit yang ditimbulkan akibat jajan sembarangan

Akibat jajan sembarangan ini, siswa bisa saja terjangkit berbagai macam penyakit. Seperti, sakit perut, gangguan pencernaan, flu, demam dan batuk. Ada pula yang menimbulkan rasa malas dan cepat mengantuk. Rasa malas ini dikarenakan oleh pengaruh cacing-cacing yang berasal dari lalat yang tidak sengaja hinggap pada jajanan.

Kantin sehat sekolah

Demi keamanan anak-anak, pihak sekolah biasanya membuatkan kantin sehat. Dimana kantin ini pun menyediakan jajanan sehat yang layak konsumsi dan terjaga dari lalat penyebab penyakit dengan bahan makanan yang segar pula. Jajanan yang tersedia pun banyak macamnya, mulai dari gorengan hingga makanan ringan kemasan. Tapi pada dasarnya memang anak-anak semakin dicegah semakin bandel. Meski disediakan kantin sehat dan aturan yang ketat, tetap saja anak-anak nekat untuk jajan sembarangan.

Jadi itulah BosBis kenapa sekolah memberikan aturan pada siswa untuk tidak jajan sembarangan. Pada dasarnya, ini semua untuk kebaikan siswa itu sendiri. Terima kasih sudah membaca sampai akhir, jika ada pertanyaan silahkan hubungi Oting.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Tags:
Categorised in: