Mengapa Bau Minyak Wangi Dapat Memenuhi Seluruh Kamar?

Halo BosBis! Assalamualaikum! Pernahkah BosBis bertanya kenapa bau minyak wangi bisa menyebar memenuhi ke seluruh ruangan kamar? Kita mungkin hanya menyemprotkan minyak wangi dua sampai tiga kali saja, tapi wanginya bisa menyengat di hidung dan membuat harum seluruh kamar kita. Kali ini Oting akan sedikit menjelaskan tentang hal ini. Mungkin akan didapatkan istilah-istilah senyawa kimia, jadi kita sekaligus akan mengingat kembali pelajaran kimia tempo dulu saat kita masih SMA.

Sifat dasar gas memang memenuhi ruangan

Lho kok gas? Kan minyak wangi berbentuk cairan. Benar BosBis, pada dasarnya minyak wangi berbentuk cairan. Tapi pada saat disemprotkan ke udara, cairan itu akan menjadi titik titik air yang kecil sehingga mudah menguap. Fase inilah yang disebut terdispersi. Dimana, titik titik air itu akan menguap karena kondisi panas dan lembap udara yang ada di dalam kamar dan menyebar ke seluruh ruangan. Karena uap di udara membawa partikel senyawa parfum, partikel tersebut akan terdifusi di udara sehingga terciumlah aroma parfum. Sehubungan dengan ukuran kamar yang biasanya lebih kecil dari ruangan lain dan juga lebih tertutup, maka dari itu juga aroma parfum ini akan tercium di seisi ruangan.

Tips agar parfum awet dan tahan lama

Setelah kita tahu bahwa cairan parfum dapat mudah menguap, kita perlu tahu bagaimana cara menyimpan atau cara memakai parfum tersebut agar awet. Apalagi jika memang kita memiliki parfum favorit dengan harga yang tidak tanggung-tanggung. Tentu saja kita menginginkan parfum yang kita miliki tidak cepat habis dan wanginya juga bisa tahan lama?

Berikut akan Oting tuliskan beberapa tips agar parfum awet dan tahan lama;

Tutup rapat botol parfum setelah digunakan

Parfum memiliki partikel yang mudah menguap, untuk itu pastikan menutup botol dengan rapat setelah digunakan

Hindari paparan sinar matahari langsung

Sinar matahari dapat mempercepat proses penguapan serta dapat merusak molekul dalam parfum. Hal ini akan mempengaruhi warna parfum juga aroma parfum akan berubah.

Jangan pindahkan parfum dari botol aslinya

Mungkin BosBis pernah dengan sengaja memindahkan parfum ke botol yang lebih kecil atau botol yang lebih kecil. Sebaiknya mulai sekarang jangan lakukan itu. Parfum yang terpapar oksigen akan mengalami proses oksidasi, hal ini bisa menurunkan kualitas parfum.

Jangan semprotkan ke udara

Cara memakai parfum yang benar adalah dengan menyemprotkannya langsung ke kulit. Area terbaik adalah ke pergelangan tangan, siku bagian dalam dan belakang telinga. Menyemprotkannya ke udara lalu berjalan diantaranya malah akan membuang-buang parfum karena setelah disemprotkan parfum akan menguap di udara.

Jadi itulah BosBis penjelasan mengapa wangi parfum bisa memenuhi seluruh area ruangan sekaligus tips agar parfum awet dan tahan lama. Semoga artikel ini bermanfaat, dan terima kasih sudah membaca sampai akhir. Bagi BosBis yang masih memiliki pertanyaan, silahkan hubungi Oting dengan klik ikon WhatsApp di bawah.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: