Mengapa kolam renang relatif lebih aman dari pantai atau laut?

Halo bos bis semuanya! Assalamualaikum! Berenang menjadi kegiatan bermain air yang sangat menyenangkan. Mulai dari anak-anak hingga dewasa pasti menyukai berenang. Biasanya orang-orang lebih suka berenang di pantai atau laut dan kolam renang. Kedua tempat itu menjadi tempat berenang favorit bagi mereka yang suka berenang. Banyak yang berbondong-bondong berwisata ke kolam renang dan juga pantai untuk menikmati berenang seharian. Tapi tahukah bos bis, mana yang lebih aman antara berenang di kolam renang dan pantai? Berikut oting akan paparkan sedikit penjelasan mengenai faktor yang bisa dianggap berbahaya dan juga tidak untuk berenang diantara keduanya.

1. Densitas air

Laut memiliki densitas (kadar garam) yang tinggi dibandingkan dengan air di kolam renang. Densitas air inilah yang membuat tubuh kita mengabung. Seperti halnya di laut mati, semakin tinggi kadar garam air tersebut semakin dapat membuat tubuh kita mengapung.

2. Kedalaman air

Kolam renang memiliki kedalaman air yang sudah pasti. Mulai dari 0,5 meter dan 1 meter yang ditujukan untuk anak-anak, hingga 1,5 meter, 2 meter dan 8 meter yang ditujukan untuk perenang dewasa. Beda halnya dengan laut. Laut memiliki kedalaman yang tidak dapat diprediksi, bisa jadi dangkal bisa jadi dalam. Butuh keberanian dan keahlian lebih untuk berenang di laut. Kolam renang bisa jadi sarana untuk melatih keberanian tersebut.

3. Pengaruh alam

Kolam renang tidak akan terpengaruh oleh alam karena kita manusia yang sudah menentukan seberapa dalam kolam, terlebih ada pula kolam indoor yang jika hujan pun tidak akan terkena hujan. Berbeda dengan laut. Alam akan mempengaruhi gelombang air laut, pasang surutnya air laut, dan daya tarik gelombang laut yang sulit diprediksi. Untuk itu, wajib untuk mematuhi rambu-rambu dan peraturan yang sudah ditetapkan oleh berenang saat petugas agar tidak terjadi kecelakaan seperti tenggelam dan terseret ombak.

4. Adaptasi

Adaptasi juga dibutuhkan saat kita akan berenang di laut ataupun di kolam renang. Jika kolam renang memiliki area terbatas yang relatif lebih aman, laut punya area yang tidak terbatas yang lebih berbahaya. Belum lagi berenang di pantai dapat menguras stamina karena luasnya perairan ditambah sengatan matahari yang dapat membakar kulit kita.

Itulah penjelasan mengenai mengapa kolam renang relatif lebih aman dibandingkan dengan berenang di laut atau pantai. Terima kasih sudah membaca hingga akhir, jika ada pertanyaan silahkan hubungi oting dengan klik ikon whatsapp di bawah ini.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Tags:
Categorised in: