Mengapa Perasaan Mendadak Sedih Ketika Berkunjung Ke Tempat Bersejarah?

Halo BosBis! Assalamualaikum! Pernah gak kamu berkunjung ke tempat bersejarah seperti museum, rumah bekas pengasingan, gua atau tempat-tempat lain yang memiliki sejarah kuat pada masa lampau? Kalau Oting seringkali ingin menangis jika memang ke tempat bersejarah yang meamng punya sisi kelam. Di bawah ini, Oting akan menjelaskan sedikit, kenapa bisa merasa sedih seperti itu.

Empati Tinggi

Setiap manusia memiliki rasa empati. Empati adalah kemampuan untuk merasakan keadaan emosional orang lain, merasa simpatik dan mengambil perspektif orang lain. Setiap manusia punya level empati yang berbeda-beda. Manusia yang memiliki empati rendah cenderung tidak peduli pada hal-hal diluar dari dirinya sendiri. Tapi kebalikannya untuk yang memiliki empati tinggi, ia akan mudah bersimpati bahkan terhadap peristiwa masa lampau yang tidak dialaminya hanya dari melihat bukti-bukti peristiwa tersebut. Dan inilah salah satu alasan kenapa kamu bisa sedih saat berkunjung ke tempat sejarah.

Keadaan Tempat Yang Kurang Baik

Museum dan tempat bersejarah lainnya di Indonesia bisa dibilang masih banyak yang kurang terawat. Melihat hal ini, kamu yang paling menjunjung tinggi nilai sejarah akan merasa terketuk hatinya. Geram, kesal, sedih bahkan sesal timbul silih berganti. Banyak hal yang kamu pertanyakan karena hal itu hingga kamu geleng-geleng kepala tidak percaya. Kemudian, rasa sedih akan mendominasi.

Penutup

Itulah dua alasan yang dirasa Oting cukup bisa mewakili perasaan kenapa bisa sedih saat berkunjung ke tempat sejarah. Meski perasaan sedih ini memang tidak nyaman, tapi ini bukan pula hal buruk.

Semoga artikel ini bisa membantu BosBis semua. Terima kasih sudah membaca, dan jika ada pertanyaan, silahkan hubungi Oting.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Tags:
Categorised in: