Mengapa Perpustakaan Itu Berpihak Pada Orang Miskin?

Sebenarnya saya tidak setuju dengan bahasa keberpihakan ini, karena pada dasarnya perpustakaan ada untuk dimanfaatkan semua lapisan masyarakat. Tapi saya akan coba menjelaskan kenapa perpustakaan diperlukan bahkan bagi orang miskin.

Sumber informasi yang besar dengan akses yang mudah dan murah

Bagi orang dengan kemampuan ekonomi menengah ke atas tentu membeli buku seharga 100 ribu hingga 200 ribu untuk membeli sebuah buku akan terasa murah. Tapi tidak dengan orang yang kemampuan ekonominya rendah. Untuk itu perpustakaan hadir untuk menunjang kebutuhan akan buku. Hanya dengan modal membuat kartu anggota, kita bisa meminjam atau membaca buku ditempat tanpa mengeluarkan uang banyak.

Lebih murah meminjam di perpustakaan dari pada membeli buku

Dari pengalaman saya pribadi, ada perpustakaan yang memberlakukan biaya saat pembuatan kartu anggota ada juga yang tidak. Saat meminjam buku pun ada ketentuan membayar uang sewa untuk peminjaman selama 7 hari ada juga yang tidak. Jadi, ini tergantung kebijakan instansi perpustakaan terkait. Tapi yang jelas ada denda jika kita menghilangkan atau terlambat mengembalikan. Dan jumlah dendanya pun tergantung kebijakan masing-masing instansi perpustakaan. Meski ada biaya untuk registrasi anggota dan denda kelalaian, tetap saja jika harus membeli buku, tentu lebih murah meminjam di perpustakaan.

Jadi itulah sedikit penjelasan tentang pertanyaan diatas. Semoga hal ini menjawab tanpa mengelompokkan status ekonomi, karena perpustakaan hadir untuk menunjang kebutuhan informasi semua lapisan masyarakat. Terima kasih sudah membaca, semoga artikel bermanfaat dan jika ada pertanyaan silahkan hubungi kami.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Tags:
Categorised in: