Mengapa saat membeli laptop perlu mencari yang memberikan garansi?

Halo bos bis semuanya! Assalamualaikum! Laptop bukanlah barang murah yang bisa kita buang begitu saja jika rusak. Laptop termasuk barang elektronik mewah yang biasanya digunakan untuk bekerja atau mengolah karya digital. Saat memilih sebuah laptop kita diharuskan untuk memilih spesifikasi laptop sesuai kebutuhan dan barulah memilih desain serta merk yang kita sukai. Tapi tahukah bos bis bahwa memilih laptop yang bergaransi resmi pun harus menjadi pertimbangan kita selain spesifikasi, desain dan merk tadi. Laptop bukanlah barang fashion yang bisa diganti sebulan sekali. Karena itu perlu pertimbangan penuh saat membeli sebuah laptop termasuk soal garansi.

Pentingnya garansi laptop

Garansi laptop merupakan jaminan akan kualitas laptop. Mau membeli laptop baru maupun bekas, penting sekali untuk menanyakan garansi laptop ini. Garansi ini bisa menjamin bahwa kita mendapatkan laptop yang layak pakai. Tentu saja kita tidak mau menyesal di kemudian hari akibat tidak adanya garansi kan. Karena bisa saja laptop yang kita pakai bermasalah. Penting untuk menanyakan apa saja yang tercover dalam garansi tersebut agar kita mendapat jaminan seperti laptop akan ditukar baru jika dalam sebulan laptop mengalami masalah.

Tidak dipungkiri, masalah dalam komponen laptop bisa saja terjadi. Hal ini bisa terjadi karena mungkin terlewat saat melalui proses QC karena adanya human error. Bos bis juga perlu memastikan apakah garansi tersebut dikeluarkan oleh produsen resmi atau tidak.

Hal yang perlu diketahui dari garansi laptop

Setiap laptop yang bergaransi resmi akan memiliki serial number. Serial number ini bisa bos bis cek secara online di website resmi produsen atau merk. Jika laptop bos bis terdaftar garansi di produsen resmi, akan memudahkan jika kedepannya terjadi cacat pabrik seperti layar rusak, keyboard rusak, dan masalah lain yang diduga akibat cacat pabrik.

Bos bis juga perlu mengetahui bahwa garansi memiliki batasan waktu. Biasanya masa garansi berlaku hanya 1-2 tahun.

Garansi laptop tidak berlaku jika terjadi unsur kesengajaan dalam kerusakan laptop, pencurian, terkena bencana alam seperti banjir, atau permasalahan perangkat lunak.

Itu saja sedikit informasi tentang garansi laptop dari oting. Terima kasih sudah membaca hingga akhir, jika ada pertanyaan silahkan hubungi oting dengan klik ikon whatsapp di bawah ini. Bos bis bisa juga lihat tutorial dan info lainnya dengan mengetik kata kunci di kolom pencarian yang berada di paling atas.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: