Mengapa Saat Menyanyikan Lagu Yang Berisi Kesedihan Ekspresi Kita Harus Sedih?

Halo BosBis semua! Assalamualaikum! Siapa nih BosBis di sini yang hobi nyanyi? Nyanyi pakai aplikasi untuk nyanyi seperti smule, nyanyi di tempat karaoke, nyanyi di kamar kost sendirian, atau bahkan nyanyi di kamar mandi? Pasti sudah tahu dong tentang ekspresi dan nada dalam menyanyikan sebuah lagu?

Saat kita menyanyikan lagu lucu seperti lagu dari Project Pop, tentu ekspresi dan bahasa tubuh harus mencirikan bahwa lagu ini lucu. Atau saat kita menyanyikan lagu senang, lagu sedang jatuh cinta, tentulah ekspresi kita harus kelihatan seperti orang yang sedang senang dan sedang jatuh cinta. Begitu pula jika kita menyanyikan lagu sedih dan lagu patah hati, ekspresi kita harus terlihat seperti orang yang sedang sedih. Lantas kenapa begitu ya?

Ekspresi menghantarkan pesan

Pernah dengar lagu ‘Terlatih patah hati’ dari band “The Rain”? Di liriknya jelas menceritakan bahwa dia seringkali dibuat patah hati oleh para wanita yang pernah menjadi pacarnya. Tapi karena ekspresi penyanyi dan nada yang ditawarkan terkesan ‘meski patah hati, harus tetap happy’, otak kita akan menerjemahkan seperti itu juga. Berbeda jika kita mendengar lagunya Afgan yang berjudul “Bawalah cintaku”, nada dan ekspresi Afgan saat bernyanyi sangat sedih sekali, dan membuat kita menerjemahkan bahwa lagu ini punya pesan yang amat sangat sedih.

Jadi, memang ekspresi saat bernyanyi dibutuhkan agar penyanyi dapat mudah menyampaikan pesan dari sebuah lagu kepada para pendengarnya. Jika lagu dan eskpresi tidak sesuai, tentulah pesan tersebut akan gagal tersampaikan.

Ekspresi menunjukkan jiwa sebuah lagu

Pernah menonton ajang bakat menyanyi di TV? Terkadang para juri mengomentari dengan “soulnya kurang tersampaikan” atau “feelnya kurang dapet”. Ini disebabkan oleh penyanyi yang belum berhasil menyampaikan jiwa sebuah lagu yang dinyanyikannya. Entah itu karena warna suara, dinamika, tempo, hingga mimik muka atau ekspresi yang mungkin kurang. Karena itulah, untuk menjadi seorang penyanyi profesional tidaklah bisa asal nyanyi saja.

Tapi, bagi kita yang terbiasa menyanyi di tempat karaoke, atau menjadikan kamar mandi menjadi ruang karaoke pribadi, sepertinya cukup dengan mengetahui ekspresi lagu. Bahwa lagu sedih harus dinyanyikan dengan ekspresi dan nada yang sedih, dan lagu senang dinyanyikan dengan ekspresi dan nada yang penuh suka cita.

Jadi itu saja BosBis yang bisa Oting sampaikan. Semoga bermanfaat, dan jika ada pertanyaan silahkan hubungi Oting dengan klik link WhatsApp yang ada di bawah ini.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: