Mengapa Tidur Malam Yang Cukup Bagi Anak Bisa Meningkatkan Prestasi Belajar?

Halo BosBis! Assalamualaikum! Kali ini Oting akan mencoba menjelaskan dan menjawab pertanyaan mengapa tidur malam yang cukup bagi anak bisa meningkatkan prestasi belajar. Sebenarnya orang dewasa juga penting untuk mendapatkan tidur malam yang cukup, apalagi anak-anak yang tumbuh kembangnya masih perlu diperhatikan.

Tidur malam cukup meningkatkan mood

Idealnya, waktu tidur malam untuk anak-anak adalah 8 hingga 9 jam. Berarti, jika sekolah dimulai jam7 pagi, anak-anak harus tidur jam 8/9 malam dan bangun jam 5/6 pagi keesokan harinya. Dengan tidur yang cukup, anak akan lebih semangat saat bangun pagi, moodnya akan terjaga, dan tidak akan mengantuk saat di sekolah. Bahayanya bagi anak-anak saat kurang tidur adalah, kelelahan dan mengantuk sepanjang hari. Jika mengantuk, anak-anak tidak akan fokus menyerap pelajaran di sekolah dan berpotensi akan menurunkan nilai akademisnya.

Keuntungan tidur cukup dalam sisi akademis

Sebuah penelitian dari American Academy of Pediatrics 2019 National Conference & Exhibition mengemukakan bahwa anak-anak yang mendapatkan tidur malam yang cukup akan memiliki motivasi belajar yang tinggi. Selain itu, anak-anak juga akan lebih memedulikan nilainya di sekolah dan lebih rajin mengerjakan PR. Anak-anak juga akan lebih fokus dalam menyerap pelajaran di sekolah, cenderung lebih baik dalam mengerjakan tugas dan punya motivasi untuk mencoba hal baru.

Kesimpulan

Jadi BosBis, belajar memang penting, tapi usahakan manajemen waktunya dibuat lebih baik lagi agar tidak sampai menyita waktu tidur anak untuk mengerjakan tugas atau PR. Jangan sampai anak merasa bahwa berangkat sekolah adalah beban. Dan mau bagaimanapun, kesehatan anak-anak justru yang lebih penting kan?

Jadi itulah BosBis penjelasan mengenai pentingnya tidur malam bagi prestasi belajar anak-anak. Semoga artikel ini bisa membantu BosBis semua. Terima kasih sudah membaca sampai akhir. Jika ada pertanyaan, silahkan hubungi Oting.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Tags:
Categorised in: