Mengatasi Anak Tidak Mau Makan Saat Sakit

Halo BosBis semua! Assalamualaikum! Kali ini Oting mau menjelaskan kenapa anak tidak mau makan saat sakit dan juga cara untuk mengatasinya. Anak yang sakit memang membuat para orang tua khawatir, terlebih lagi jika anak menolak makan. Para orang tua tentu akan merasa panik dan tingkat khawatir mereka bertambah. Ada pula orang tua yang sampai menangis atau malah memarahi anaknya karena anaknya sama sekali tidak mau makan.

Kenapa anak tidak mau makan saat sakit?

Sebenarnya, tidak hanya anak-anak, para orang dewasa akan kehilangan nafsu makan mereka saat sakit. Itu terjadi karena saat sakit mulut akan terasa pahit, sehingga apapun yang masuk ke mulut kita akan terasa tidak enak dimakan dan semakin menurunkan nafsu makan. Jika hal ini terjadi pada anak-anak, tentu anak-anak akan bersikeras menolak makan. Belum lagi rasa sakit pada badan, demam pada kepala akan membuat anak lebih memilih berbaring lemas. Hal ini yang membuat para orang tua semakin panik dan semakin mengkhawatirkan anak mereka yang sedang sakit.

Cara mengatasi anak yang tidak mau makan saat sakit

BosBis bisa coba beberapa tips yang akan Oting sebutkan ini untuk mengatasi masalah anak yang tidak mau makan. Cobalah untuk menyuguhkan makan favoritnya, jangan langsung memberi anak porsi besar, berilah dulu sedikit demi sedikit. Jika dirasa cara ini kurang berhasil, cobalah dengan menyuguhkan cemilan sehat, misalnya kacang panggang atau roti lapis. BosBis juga harus mencukupi kebutuhan cairan tubuhnya juga meski anak sedang tidak nafsu makan. Misalnya dengan rutin memberinya air minum atau ASI jika anak masih berusia di bawah 2 tahun. Buatlah suasana menyenangkan saat menyuapi makan anak, dan sajikan anak makanan yang lembut, hangat dan juga penuh nutrisi.

Kesimpulan

Wajar memang jika anak tidak nafsu makan saat sedang sakit, orang tua tidak perlu terlalu panik dan terlalu khawatir. Pelan-pelan cukupi kebutuhan nutrisi anak dengan memberinya pilihan makanan yang mungkin disukai anak. Ajak anak makan dengan tidak memaksanya, dan buat acara makan jadi menyenangkan. Mood yang baik selain akan meningkatkan nafsu makan anak, juga akan meningkatkan imunitas.

Terima kasih bagi BosBis yang sudah membaca sampai akhir. Jika BosBis suka dengan konten bertema parenting, silahkan hubungi Oting.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Tags:
Categorised in: