Mengatur Keuangan Dengan Gaji 3 Juta Setelah Menikah

Halo bos bis semuanya! Assalamualaikum! Setelah sebelumnya oting membuat artikel mengenai contoh mengatur keuangan dengan gaji 1.8 juta. Sekarang, oting akan kembali lagi membuat contoh mengatur keuangan dengan gaji 3 juta untuk bos bis yang sudah menikah. Contoh sebelumnya diperhitungkan sudah memiliki rumah dan tidak memiliki cicilan, namun sekarang diperhitungkan jika tinggal dengan orang tua / mertua.

Seperti yang sudah sering oting bahas. Pengaturan keuangan sangat penting dilakukan agar tidak kebablasan dalam menggunakan uang. Kebebasan finansial setiap orang harus diperjuangkan dengan membuat anggaran keuangan untuk setiap bulannya atau istilahnya budgeting. Dan diatur untuk dikeluarkan ke dalam post-post yang juga sudah dianggarkan sebelumnya.

Beberapa post yang wajib didahulukan adalah post kewajiban seperti cicilan dan beban sewa dan juga post tabungan.

Contoh kasus : Menikah, tinggal dengan mertua, gaji 3 juta

Contoh kasus untuk pengaturan keuangan sekarang adalah untuk seseorang dengan kondisi sudah menikah, memiliki 1 anak balita (ASI), dan tinggal bersama mertua (Bapak & Ibu). Gaji per bulan total 3 juta rupiah dan tidak ada pendapatan lain.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan menganggarkan uang kepada post-post yang sudah ditentukan terutama post kewajiban yang harus didahulukan setiap awal gajian. Lalu buat rencana pengeluaran selama satu bulan, seperti membuat list kebutuhan bulanan. Yang harus digaris bawahi adalah bos bis harus mengutamakan kebutuhan dulu daripada keinginan. Jadi penting untuk dapat membedakan mana yang kebutuhan dan mana yang keinginan.

Selanjutnya anggaran tabungan. Karena tabungan dan dana darurat itu penting untuk membantu saat ada kebutuhan mendesak. Dan terakhir adalah penganggaran keinginan. Anggaran keinginan ini perlu di budgetkan dengan tujuan agar kita tidak kebablasan.

Contoh perhitungan anggaran rumah tangga, gaji 3 juta

Kita langsung saja ke contoh anggaran rumah tangga gaji 3 juta dengan kondisi yang sudah oting sebutkan di atas.

Post kewajiban, total 550.000

  1. Bayar listrik : 200.000
  2. Kebutuhan anak : 150.000
  3. Kebutuhan mertua : 200.000

Post kebutuhan, total 1.890.000

  1. Belanja harian : 900.000
  2. Kebutuhan laundry : 200.000
  3. Kebutuhan mandi : 200.000
  4. Pulsa : 100.000
  5. Bensin : 150.000
  6. Pampers anak : 150.000
  7. Beras : 100.000
  8. Gas + Galon : 90.000

Post tabungan, total : 210.000

  1. Dana darurat : 100.000
  2. Tabungan pendidikan anak : 50.000
  3. Investasi emas : 60.000

Post keinginan, total : 200.000

  1. Jalan-jalan
  2. Makan di luar
  3. Selfie reward

Post dana sosial, total : 150.000

  1. Menjenguk orang sakit
  2. Menengok bayi
  3. Sedekah

Disclaimer, contoh perhitungan ini jangan dijadikan patokan karena setiap rumah tangga memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Sesuaikan dengan kebutuhan bos bis dan anggarkan uang tanpa meninggalkan post tabungan. Contoh kasus ini oting ambil dari postingan salah satu akun di Instagram.

Terima kasih sudah membaca hingga akhir dan semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan hubungi oting dengan klik ikon whatsapp di bawah ini. Bos bis juga bisa mencari artikel lain dengan memasukkan kata kunci ke kolom pencarian yang ada di bagian atas halaman ini.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: