Obat Batuk Untuk Anak Yang Sulit Minum Obat

Halo BosBis semuanya! Assalamualaikum! Saat anak sakit tentu rasa khawatir orang tua akan memuncak, orang tua pasti ingin anak-anak cepat kembali sehat seperti sedia kala. Namun, kendala selalu datang, seperti anak yang sulit minum obat. Anak menolak dengan menutup mulut, berlarian saat hendak diberi obat, atau bahkan menangis dan mengamuk. Orang tua akan lebih merasa kalut karena bingung, anak sakit tapi bahkan tidak mau minum obat. Terlebih lagi jika yang diderita anak adalah flu dan batuk. Orang tua akan merasa makin khawatir saat anak terlalu sering terbatuk sehingga mempengaruhi cara bernafas dan cara bicaranya yang seperti ngos-ngosan.

Untuk itu Oting akan tuliskan beberapa tips untuk mengatasi anak yang sulit minum obat dan juga beberapa rekomendasi obat yang bisa BosBis coba.

Tips mengatasi anak sulit minum obat

Hal pertama yang seringkali pakar parenting tekankan adalah jangan memaksa anak melakukan hal apapun termasuk minum obat. Memaksa anak dapat menimbulkan trauma pada anak sehingga kemungkinan saja anak tidak akan lagi mau minum obat dan trauma ini dapat terbawa hingga dewasa. Berikut tips yang bisa BosBis coba terapkan untuk mengatasi anak sulit minum obat tanpa memaksanya.

1. Berikan obat dengan rasa yang disukai anak

Anak-anak biasanya menyukai rasa buah seperti anggur, jeruk dan stroberi. Berikan obat yang memiliki rasa buah. Jika memungkinkan, minta dokter untuk meresepkan obat dengan rasa buah yang disukai si kecil. Saat si kecil menyukai rasa obatnya, ia akan menjadi tidak sabar untuk menunggu waktu minum obat dan tidak lagi menolak atau bahkan takut untuk minum obat.

2. Biarkan anak memilih

Cobalah untuk memberikan kebebasan kepada anak untuk memilih. Seperti memilih antara meminum obat sirup atau obat tablet kunyah yang rasanya seperti permen buah. Atau memilih ingin meminum obat di mana. Ikuti kemauannya dan ciptakan suasana menyenangkan.

3. Berikan penjelasan dan jangan berbohong

Berikan penjelasan kepada anak seperti penjelasan mengenai manfaat minum obat dengan kalimat yang mudah dipahami. Misalnya, jelaskan bahwa minum obat dapat membuat ia cepat sembuh dan kembali bermain di luar bersama teman-teman.

Jangan pernah mencoba untuk membohongi anak seperti mengatakan bahwa obatnya memiliki rasa manis padahal pahit. Anak akan merasa tertipu oleh orang tuanya sendiri dan tidak akan mau lagi percaya dan tidak mau minum obat kedepannya.

Rekomendasi obat batuk dan pilek untuk anak

Di bawah ini, Oting akan menuliskan rekomendasi obat batuk pilek anak yang ampuh dan aman dikonsumsi.

  1. OBH Combi Anak, selain meredakan pilek obat ini juga dapat meredakan batuk
  2. Panadol sirup anak, memiliki rasa yang enak untuk anak-anak
  3. Sanmol sirup, obat sirup rasa buah yang manis
  4. Komix Kid, memiliki 2 pilihan rasa yaitu madu dan strawberry
  5. Bodrexin flu dan batuk, obat sirup rasa jeruk yang disukai anak-anak

Jadi itu saja yang bisa Oting sampaikan mengenai tips untuk mengatasi anak yang tidak suka minum obat. Semoga anak kita sehat selalu ya BosBis. Terima kasih sudah membaca hingga akhir, jika ada pertanyaan, silahkan hubungi Oting dengan klik ikon WhatsApp yang ada di bawah ini.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: