>

Pengembalian Dana Pesanan Dibatalkan Tokopedia

Pengembalian Dana Pesanan Dibatalkan Tokopedia

Halo bos bis semuanya! Assalamualaikum! Bagi bos bis yang baru pertama kali menggunakan Tokopedia dan mendapatkan pembatalan pesanan pasti akan bingung kemanakah pengembalian dana yang sudah kita transfer sebelumnya. Untuk itu, oting di sini akan berbagi cara melihat pengembalian dana pesanan yang dibatalkan oleh penjual maupun pembeli di Tokopedia.

Tapi sebelum itu, perlu diketahui bahwa pembatalan pesanan bisa terjadi karena pembeli yang membatalkan mengajukan pembatalan dengan alasan tertentu dan disetujui oleh penjual. Atau penjual yang membatalkan langsung pesanan kita. Alasannya bisa bermacam-macam, tapi yang paling umum adalah stok kosong atau tidak ada respon sama sekali dari penjual. Jika alasannya yang kedua, biasanya Tokopedia yang akan membatalkan setelah masa penerimaan pesanan habis.

Jika sudah terjadi pembatalan pesanan, kita bisa mengecek pembatalan pesanan tersebut dengan langkah-langkah di bawah ini.

1. Buka aplikasi Tokopedia

Pastikan bos bis sudah login menggunakan akun Tokopedia yang aktif digunakan.

2. Klik menu akun

Klik pada menu akun yang ada di pojok kanan bawah.

Klik menu akun
Klik menu akun

3. Lihat kotak Dana atau Saldo

Di halaman akun ini, sudah langsung terlihat kotak Dana di Tokopedia. Kotak Dana ini terdiri dari menu OVO dan Saldo. Untuk pengembalian dana atas pembatalan pesanan tadi, akan masuk ke salah satu menu di kotak Dana tersebut, dengan persyaratan sebagai berikut.

Lihat kotak Dana di Tokopedia
Lihat kotak Dana di Tokopedia

Jika pesanan tersebut dibayar menggunakan metode transfer antar bank atau virtual account bank, maka pengembalian dana akan masuk ke menu Saldo. Jika metode transfer menggunakan OVO, maka akan kembali ke saldo OVO. Tapi, jika metode transfer menggunakan kartu kredit, maka akan kembali ke saldo kartu kredit, yang artinya bisa di cek langsung di kartu kreditnya karena Tokopedia tidak menyediakan fitur untuk mengecek transaksi kartu kredit.

Jadi dengan ini oting bisa sampaikan bahwa bos bis tidak perlu khawatir. Saldo Tokopedia akan aman meski terdapat pembatalan. Karena pada dasarnya, sebelum kita mengklik pesanan selesai, saldo akan tetap ditahan oleh Tokopedia atau dalam arti lain Tokopedia tidak akan mentransfer uang bos bis ke penjual sebelum bos bis mengkonfirmasi penyelesaian pesanan.

Itulah penjelasan mengenai pengembalian dana di Tokopedia. Terima kasih sudah membaca, dan jika ada pertanyaan silahkan hubungi oting dengan klik ikon whatsapp di bawah ini.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: ,