Pengertian ABC Running, Tujuan dan Fungsinya

Halo bos bis semuanya! Assalamualaikum! Kali ini oting akan sedikit menjelaskan tentang pengertian ABC running, tujuan dan fungisinya. Mungkin banyak dari bos bis yang belum mengetahui soal ABC running ini, untuk itu oting di bawah ini akan menjelaskan tentang ABC running ini. Namun, perlu diketahui bahwa apa yang oting tuliskan di sini adalah berdasarkan banyak website yang membahas ABC running dan aku tidak sengaja mampi, dijemput merinda, dan mencoba membahas semua itu dengan kalian saat ini.

Apa itu running ABC, tujuan dan fungsinya

Running ABC merupakan suatu aktivitas berupa latihan untuk menyempurnakan dari pada gerakkan tungkai serta dalam rangka melatih teknik lari khususnya lari jarak pendek (sprint), Dalam cabang atletik istilah ini lazim dinamakan Running ABC, karena merupakan gerakan-gerakan dasar lari.

Running ABC memiliki tujuan dan fungsi untuk memperoleh peningkatan lari cepat dapat dilakukan melalui latihan akselerasi balance coordinasi running (abc running) bentuk latihan ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan dasar lari dan mengembangkan koordinasi gerak lari jarak pendek. Bentuk latihan tersebut dapat digunakan untuk meningkatkan kecepatan dalam lari cepat.

Gerakan running ABC

Ada beberapa gerakan running ABC yang bisa bos bis coba lakukan saat mencoba latihan running ABC ini.

  1. Angkling ; Jalan dengan perkenaan bola kaki.
  2. Knee-up ; Lari dengan angkat lutut sejajar dengan rata-rata air.
  3. Kicking ; Lari dengan tedang ke depan kaki lurus.
  4. Heel Butkick ; Lari dengan tendang pantat perkenaan tumit.
  5. Gerakan kombinasi 1-2.
  6. Hoping ; Lari diselingi lompat dengan ayunan tangan, kaki angkat hingga paha rata-rata air.
  7. Triple Tak-off ; Lari tiga langkah diselingi hoping
  8. Lompat Kijang ; Lari seperti menghindari rintangan kedepan sehingga membentuk lompat menyerupai kijang
  9. Clowing ; Lari dengan gerakan kaki seperti mencakar
  10. Carrioca ; Lari dengan posisi badan menyamping gerakan kaki menyilang kombinasi dengan putaran pinggang.

Gerakan-gerakan running ABC ini memang tampak tidak mudah untuk dipraktikkan ya bos bis, dan perlu pengawasan ekstra karena bisa saja jatuh dan mencederai kaki. Untuk itu disetiap ajang olahraga atau bahkan tempat olahraga, pasti akan selalu ada dokter yang berjaga atau setidaknya orang yang paham pertolongan pertama untuk kecelikaan.

Mungkin hanya itu yang bisa oting sampaikan di tulisan kali ini. Semoga hal ini dapat menambah wawasan bos bisa semuanya, dan terima kasih sudah membaca. Jika ada pertanyaan, silahkan hubungi oting dengan klik ikon whatsapp di bawah ini.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: