Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi

Halo bos bis semuanya! Assalamualaikum! Saat ini banyak sekali influencer keuangan yang gencar menyuarakan agar kita lebih pintar mengelola keuangan pribadi. Mereka gencar memberi penyuluhan untuk kita bisa berinvestasi, dan lebih bijak dalam membelanjakan uang. Banyak dari kita yang terlilit hutang karena tidak terlalu peduli soal cashflow keuangan pribadi. Banyak dari kita yang juga impulsif membelanjakan uangnya sehingga ada istilah “gaji numpang lewat saja”. Kenapa bisa seperti itu?

Gaji numpang lewat = boros?

Tidak bisa dipungkiri semakin berkembangnya teknologi semakin tinggi juga gaya hidup kita. Kita tidak bisa hidup tanpa internet, sedangkan internet memerlukan kuota yang nilai pembeliannya juga tidak sedikit. Dibandingkan dulu saat handphone masih hanya untuk sms dan tlp, nilai pembelian untuk pulsa handphone saja pasti sudah meningkat 2-3x lipat bukan?

Belum lagi banyaknya iklan yang beredar setiap kita berselancar di internet memicu nafsu diri untuk membeli barang tersebut karena penasaran melihat testimonial orang yang berkata bahwa barang itu bagus. Yang tadinya kita hanya akan bergerak ke pasar seminggu sekali atau bahkan sebulan sekali untuk berbelanja produk, jadi tiap minggu bahkan tiap hari checkout di marketplace.

Terlebih lagi soal makanan, mungkin dulu kita akan senang hanya makan di resto ayam goreng sebulan sekali, berubah menjadi selalu makan di resto A B C setiap malam minggu. Bukankah gaya hidup kita semakin meningkat seiring dengan peningkatan jaman?

Jadi, apakah gaji numpang lewat itu memang wajar atau kitanya yang boros?

Mengelola keuangan itu harga mati

Jika dulu kita akan menabung kalau ada sisa karena memang gaya hidup kita juga tidak pernah sampai membuat kita berhutang. Jika kita saat ini mengalami hal itu, sampai berhutang, bukankah sudah saatnya kita mengubah gaya hidup?

Pada dasarnya, gaya hidup tinggi ada karena banyak godaan yang beredar disekeliling kita. Kita diharuskan mengelola keuangan lebih bijak lagi dari sebelumnya. Kita harus mulai memikirkan dana darurat, dana pernikahan, dana pembelian rumah, dana pendidikan anak, dan dana-dana lainnya yang tak kalah pentingnya. Investasi juga banyak digunjingkan para influencer keuangan karena investasi jangka panjang sejenis emas dan saham juga memang perlu kita miliki.

Jika kita sudah bisa mengelola keuangan dengan baik, menghentikan lingkaran hutang yang merugikan, dan mempunyai dana darurat yang cukup. Masa depan kita yang tenang sudahlah pasti kita pegang.

Hentikan gaya hidup yang tinggi, jangan gengsi untuk makan makanan murah, bebaskan dirimu dari hutang, dan persiapkan dana darurat yang cukup.

Jika dijabarkan betapa pentingnya mengelola keuangan tentu tidak akan cukup sehari semalam menulis di sini. Oting hanya bisa menyampaikan bahwa tidak ada yang tahu kita akan seperti apa kedepannya, tidak ada yang tahu dunia ini akan seperti apa kedepannya. Penting untuk lebih bijak dalam membelanjakan uang, dan prioritaskan untuk menyisihkan sebagian untuk dana darurat.

Itu saja yang dapat oting sampaikan, terima kasih sudah membaca dan jika ada pertanyaan silahkan hubungi oting dengan klik ikon whatsapp di bawah ini.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: