Penyebab dan Cara Mengatasi BAB Berwarna Hitam Saat Hamil

Halo BosBis semuanya! Assalamualaikum! Dilansir dari laman SehatQ, salah satu tanda kehamilan yang tidak biasa adalah BAB warna hitam. Meski terkadang ibu hamil merasa panik dan takut akan kondisi ini tapi pada faktanya kondisi ini tidak berbahaya. Pada dasarnya, perubahan warna feses adalah indikator kondisi tertentu.

Penyebab BAB berwarna hitam pada ibu hamil

Adapun penyebab BAB berwarna hitam pada ibu hamil bermacam-macam, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Konsumsi obat

Jika ibu hamil mengkonsumsi obat yang diresepkan oleh dokter, sebaiknya ibu tanyakan kepada dokter agar bisa dicari akar masalahnya. Dan janganlah memutuskan untuk meminum obat tanpa resep dokter karena bisa berbahaya bagi kehamilan.

2. Makanan tertentu

Ada beberapa makanan yang bisa menyebabkan warna feses menjadi gelap. Seperti makanan yang mengandung pewarna buatan hitam dan biru.

3. Suplemen zat besi

Pada beberapa kondisi ibu hamil, dokter akan meresepkan suplemen zat besi. Suplemen zat besi inilah yang bisa menyebabkan BAB berwarna kehitaman. Namun, ibu tidak perlu panik, karena kondisi seperti ini normal terjadi. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C bisa memaksimalkan penyerapan suplemen zat besi tersebut.

4. Pendarahan

Pada tarap berbahaya, BAB warna hitam bisa dikarenakan pendarahan pada saluran pencernaan atau GERD dalam tahap parah. Jangan langsung meminum obat, konsultasikan hal tersebut terlebih dahulu kepada dokter.

Tips mengatasi BAB berwarna hitam untuk ibu hamil

Jika memang kondisi seperti ini bukan dikarenakan kondisi medis, ibu bisa coba tips yang akan Oting tulis di bawah untuk mengatasi BAB yang berwarna kehitaman.

Ibu bisa coba tingkatkan konsumsi serat agar sistem pencernaan lebih mudah menyerap nutrisi dari makanan dan melancarakan sistem pencernaan. Tapi tentu saja, harus tetap disertai dengan nutrisi yang seimbang lainnya.

Jika memang ibu punya kebiasaan buruk seperti merokok, sebaiknya hentikan sekarang. Salah satu dampak buruk rokok memang menyebabkan masalah pada sistem pencernaan, hipertensi dan risiko pendarahan internal.

Jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Tubuh membutuhkan cairan yang cukup agar terhindar dari dehidrasi. Jika tubuh mengalami dehidrasi, tentu akan sangat membahayakan kesehatan, termasuk kesehatan pencernaan.

Terakhir, jangan lupa untuk aktif bergerak. Bergerak atau berolahraga ringan seperti berjalan-jalan dapat mengoptimalkan kondisi tubuh termasuk sistem pencernaan.

Nah itulah penyebab sekaligus tips mengatasi BAB berwarna hitam bagi ibu hamil. Semoga kita sehat selalu dan terima kasih sudah membaca. Jika ada pertanyaan, silahkan hubungi Oting dengan klik ikon WhatsApp yang ada di bawah ini.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: