Review Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Excel vs Google Sheet

Review Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Excel vs Google Sheet

Halo BosBis semua! Kali ini saya mau review kelebihan dan kekurangan Microsoft Excel vs Google Sheet. Keduanya ini punya fungsi yang sama, tapi memang ada sedikit perbedaan yang cukup bisa mempengaruhi kinerja.

Microsoft Excel 365

Microsoft Excel memang sudah menjadi aplikasi pengolahan data yang banyak dipakai sejak dulu. Orang-orang akan lebih familiar dengan Microsoft Excel ini karena memang sudah lebih dulu hadir dibanding Google Sheets.

Microsoft Excel merupakan aplikasi pengolahan data offline, update terbarunya adalah Microsoft Excel 365. Karena offline, aplikasi ini tidak perlu koneksi internet. Namun, harganya yang cukup lumayan, menjadi masalah bagi sebagian orang.

Microsoft Excel juga punya versi gratisnya, yaitu Microsoft Excel 365 online. Namun, untuk fitur versi online ini tidak selengkap di versi offline-nya dan harus terintegrasi dengan onedrive.

Google Sheets

Google Sheets adalah aplikasi pengolahan data besutan google. Aplikasi ini mudah digunakan, gratis, dan penyimpanannya langsung terintegrasi dengan google drive kita karena memang aplikasi ini berbasis online.

Untuk fitur formula/rumus sudah lengkap. Bahkan untuk rumus umum seperti SUM, IF, FILTER, dan yang lainnya, sudah tersedia di Google Sheets.

Namun memang ada kekurangan jika dibandingkan dengan Microsoft Excel. Tidak adanya fitur “What if Analysis > Goal Seek” yang mempunyai fungsi pengolahan data tingkat lanjut. Untuk mendapatkan fitur ini, BosBis harus install aplikasi add-on di luar google. Namun kekurangan Add-on ini karena dia open source alias semua orang bebas bikin jadi add-on ini tidak semuanya bagus.

Jadi, pilih Google Sheets atau Microsoft Excel?

Saya pribadi lebih memilih Google Sheets karena dia online. Fitur rumusnya pun sekarang sudah bisa menyaingi Microsoft Excel.

Itulah penjelasan singkat mengenai perbedaan Microsoft Excel dan Google Sheets. Semoga artikel ini bisa membantu BosBis semua. Terima kasih sudah membaca dan jika ada pertanyaan jangan sungkan untuk menghubungi kami.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: