>

Review Obat Sakit Kepala dan Sakit Gigi : Saridon

Review Obat Sakit Kepala dan Sakit Gigi : Saridon

Halo BosBis semuanya! Assalamualaikum! Kali ini Oting akan berbagi review obat sakit kepala dan sakit gigi, Saridon. Tapi, sebelum ke penjelasan lebih lanjut Oting mau disclaimer terlebih dahulu. Di sini Oting bukan tenaga ahli kerja kesehatan, apa yang Oting tuliskan di bawah ini murni berdasarkan apa yang tertera pada kemasan atau yang ada di website resmi kesehatan. Yuk, kita langsung saja ke review dan penjelasan lebih lanjut mengenai obat sakit kepala dan sakit gigi, Saridon.

Deskripsi

SARIDON merupakan obat sakit kepala yang mengandung Paracetamol, Propifenason, dan Kafein. Obat ini digunakan sebagai analgesik dan antipiretik untuk mengurangi sakit kepala dan nyeri pada gigi.

Paracetamol mengurangi rasa sakit dengan meningkatkan ambang rasa sakit. Obat ini bekerja dengan mengurangi produksi prostaglandin, yaitu bahan kimia yang menyebabkan terjadinya peradangan dan pembengkakan, di otak.

Berdasarkan proses kerja obat dalam tubuh, paracetamol diketahui memiliki status:

Absorpsi: Diserap dengan baik setelah pemberian oral. Waktu saat obat mencapai kadar tertinggi dalam plasma (waktu puncak konsentrasi plasma) sekitar 10-60 menit (oral).
Distribusi: Didistribusikan ke sebagian besar jaringan tubuh. Melintasi plasenta dan memasuki ASI.
Metabolisme: Terutama dimetabolisme di hati.
Ekskresi: Terutama melalui urine. Waktu yang dibutuhkan obat untuk dikeluarkan oleh tubuh dari separuh kadar awal obat (waktu paruh eliminasi) sekitar 1-3 jam.
Kafein didefinisikan sebagai obat karena mampu merangsang sistem saraf pusat dan meningkatkan kewaspadaan. Kafein dapat memberi dorongan energi sementara dan meningkatkan suasana hati.

Indikasi Umum

Sakit kepala, demam, sakit gigi, neuralgia, dismenore, rasa lelah/lesu akibat selesma dan penyakit virus lainnya

Komposisi

Paracetamol 250 mg, propyphenazone 150 mg, caffeine 50 mg

Dosis

Dewasa : 1-2 tablet Anak usia 6-12 tahun : 1/2 – 1 tablet Dapat dikonsumsi 3 hari sekali

Aturan Pakai

Diberikan sesuadah makan

Kontra Indikasi

Kelainan fungsi ginjal & hati, anemia hemolitik, porfiria, hepatitis akut.

Perhatian

Anak usia sekolah dini, wanita hamil, pasien pengkonsumsi alkohol

Efek Samping

Mual, muntah, gangguan pada saluran pencernaan, perdarahan pada lambung. Pada penggunaan dosis tinggi dapat menyebabkan terjadinya kerusakan hati. Pada penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan ginjal seperti gagal ginjal akut. Dapat menyebabkan terjadinya kelainan serius pada kulit seperti kemerahan, sesak nafas, dan reaksi alergi berat.

Kemasan

1 Blister @ 4 tablet

Diproduksi Oleh

Bayer Indonesia

Harga

Untuk harga 1 blister saridon berkisar mulai dari Rp. 3.200,- hingga Rp. 6.000,-. Harga berbeda-beda tergantung kebijakan harga dari toko obat atau apotik masing-masing.

Jadi itulah review sekaligus penjelasan tentang obat sakit kepala dan sakit gigi, Saridon. Semoga reviewnya bermanfaat dan jika ada pertanyaan atau BosBis tertarik dengan topik seputar review obat, silahkan hubungi Oting dengan klik ikon WhatsApp yang ada di bawah ini.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: ,