Software Pembukuan Gratis Untuk Usaha UMKM

Halo bos bis semuanya! Assalamualaikum! Pembukuan dalam suatu usaha, penting dilakukan untuk mencatat transaksi keluar dan transaksi masuk. Dengan adanya pembukuan, kita dapat dengan mudah memantau perkembangan bisnis kita dan menentukan langkah untuk pengembangan bisnis selanjutnya. Namun, karena usaha kita baru, pasti ada keraguan untuk berinvestasi dalam software pembukuan. Bos bis bisa menggunakan software pembukuan gratis meskipun minim fitur. Namun, oting rasa cukup untuk mencatat transaksi sambil mengevaluasi software tersebut.

Oting akan tuliskan software pembukuan akuntansi gratis untuk usaha bos bis yang dapat bos bis coba.

1. Jurnal

Jurnal merupakan sotware akuntansi terintegrasi yang sudah banyak dipakai oleh lebih dari 20 ribu perusahaan di Indonesia. Jurnal menawarkan kemudahan dalam pencatatan transaksi. Jurnal juga dapat membantu bos bis memantau persediaan barang secara real-time. Jurnal menawarkan masa uji coba gratis selama 14 hari untuk menggunakan fitur premium seperti, Budgeting, Manajemen Inventory, Monitor Saldo Kas & Bank, Manajemen Penjualan & Pembelian, serta Monitoring Pengeluaran. Namun, bos bis tetap dapat menggunakan software ini secara gratis setelah masa uji coba berakhir.

2. Kledo

Kledo memiliki kelebihan tersendiri karena berbasis cloud. Bos bis juga dapat dengan mudah membuat invoice dan purchase, melacak stok dan persediaan produk, mencatat biaya, otomatisasi depresiasi aset dan menyajikan lebih dari 30 laporan keuangan.

Pada akun gratisnya, bos bis akan mendapatkan fitur yang cukup lengkap. Diantaranya, memantau biaya pengeluaran, pencatatan pembelian dan penjualan, memantau saldo kas dan bank, 10 laporan keuangan dan bisnis, dan auto update.

3. Akaunting

Akaunting merupakan software akuntansi gratis untuk bisnis. Menyajikan berbagai macam fitur mulai dari pembuatna invoice, memantau pengeluaran, dan laporan keuangan. Akaunting juga menyediakan fitur lengkap untuk mengelola keuangan secara online. Dan yang terpenting adalah, dukungan bahasa. Akaunting mendukung lebih dari 50 bahasa termasuk bahasa Indonesia.

Akaunting memiliki fitur unggulan, antara lain:

  1. Pengelolaan dan pemantauan arus kas
  2. Pembuatan invoice yang mudah
  3. Pelacakan pengeluaran
  4. Laporan keuangan yang lengkap
  5. Kategorisasi pemasukan dan pengeluaran
  6. Tersedia portal pelanggan

Ketiga software ini memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Bos bis bisa mencoba satu per satu untuk mengetahui secara langsung fitur yang mereka tawarkan. Terima kasih sudah membaca hingga akhir dan semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan hubungi oting dengan klik ikon whatsapp yang ada di bawah ini. Cari artikel lainnya dengan mengetikkan kata kunci di kolom pencarian di atas halaman ini.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: