>

Solusi Penjual Tidak Bertanggung Jawab di Shopee

Solusi Penjual Tidak Bertanggung Jawab di Shopee

Halo bos bis semuanya! Assalamualaikum! Pada saat berbelanja online, ada pihak-pihak yang dilibatkan. Yaitu, penjual dan pembeli juga pihak marketplace sebagai penengah yaitu Shopee. Shopee di sini berfungsi sebagai penyedia layanan aplikasi toko online, penyimpan dana dari pembeli, dan juga sebagai penengah disaat terjadi masalah-masalah yang ditimbulkan oleh kedua bilah pihak, yaitu pembeli dan penjual.

Saat terjadi masalah, entah itu masalah karena barang datang tidak lengkap, barang datang rusak, atau hal lainnya. Penjual terkadang tidak mau tahu dan lepas tangan begitu saja. Inilah yang dinamakan penjual tidak bertanggungjawab, meninggalkan pembeli dengan masalah yang belum terselesaikan. Jika bos bis mengalami hal seperti ini, hal pertama yang bos bis rasakan tentu saja rasa marah dan dirugikan. Namun, sebenarnya ada solusinya.

Ajukan komplain ke Customer Service

Hal pertama saat terjadi ketidaksesuaian pesanan adalah untuk tidak menekan tombol “pesanan diterima”. Karena jika bos bis sudah menekan tombol pesanan diterima, bos bis sudah tidak akan lagi bisa mengajukan komplain, karena sistem menganggap pesanan tersebut sudah diselesaikan dengan baik.

Pada dasarnya, Shopee sebagai penengah dalam transaksi antara bos bis dan penjual menyimpan dana dari bos bis sebagai pembeli terlebih dahulu sebelum transaksi dianggap selesai. Jika transaksi sudah selesai, maka uang tersebut akan secara otomatis Shopee transfer ke penjual.

Agar tidak terjadi demikian, saat bos bis mendapatkan masalah terkait pesanan, sebaiknya tidak menekan tombol “pesanan diterima”. Hubungi penjual terlebih dahulu untuk minta solusi terkait pesanan tersebut. Jika tidak ada respon dalam 1×24 jam, hubungi customer service Shopee dan minta mereka membantu bos bis menyelesaikan masalah pesanan tersebut.

Bos bis bisa cari artikel cara menghubungi customer service Shopee di tongbos.com.

Setelah menghubungi CS Shopee dan menceritakan kronologi permasalahan, CS akan menganalisa terlebih dahulu permasalahan tersebut. Jika penjual tidak juga memberi tanggapan dan tidak ditemukan solusi dari pihak penjual, maka uang anda akan Shopee kembalikan dalam bentuk uang tunai yang dikirimkan ke rekening anda atau dalam bentuk saldo ShopeePay.

Jadi itulah solusi saat bos bis mengalami masalah pesanan dan penjual tidak merespon atau tidak bertanggungjawab. Terima kasih sudah membaca hingga akhir dan semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan hubungi oting dengan klik ikon whatsapp di bawah ini. Bos bis juga bisa mencari artikel lain dengan memasukkan kata kunci ke kolom pencarian yang ada di bagian atas halaman ini.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: ,