Spesifikasi Laptop Untuk Game dan Multimedia

Halo bos bis semuanya! Assalamualaikum! Laptop menjadi kebutuhan utama para pelajar yang sedang mempelajari pelajaran multimedia. Multimedia adalah media yang menggabungkan dua unsur atau lebih media yang terdiri dari teks, grafik, gambar, foto, audio, dan animasi secara terintegrasi. Contohnya: gambar animasi, komik, editing video, dan lain sebagainya.

Untuk pekerjaan multimedia seperti ini tentunya spesifikasi laptop yang dibutuhkan pun tidak bisa terlalu rendah, harus yang pas. Karena editing video saja membutuhkan proses rendering yang bisa memakan kinerja prosesor. Jika prosesornya tidak kuat, jangankan proses rendering, membuka aplikasinya saja bisa memakan waktu yang sangat lama. Jika dipaksakan, laptop akan cepat rusak.

Spesifikasi yang pas untuk laptop Multimedia

Pekerjaan multimedia membutuhkan spesifikasi laptop yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan spesifikasi laptop untuk pekerjaan administrasi kantor. Meskipun laptop ini untuk anak-anak dan pelajar, tetap saja harus diperhatikan spesifikasinya. Karena, untuk menginstall aplikasinya saja, aplikasi tersebut punya spesifikasi terendah yang menjadi syarat instalasinya.

Untuk itu spesifikasi yang pas adalah prosesor intel i5 atau setara dengan intel i5. Dengan ram yang lebih tinggi dari 4GB. Jika dibutuhkan graphic card yang mumpuni, hal tersebut juga harus diperhatikan. Orang tua harus memperhatikan aplikasi apa saja yang akan diinstall di laptop dan barulah bisa memutuskan spesifikasi laptop yang tepat.

Spesifikasi yang pas untuk laptop gaming

Sama halnya dengan laptop untuk multimedia. Laptop untuk gaming juga harus memperhatikan syarat spesifikasi untuk aplikasi gaming yang akan dimainkan. Jika aplikasi tersebut membutuhkan minimanl intel i3 atau yang setara, maka akan lebih baik jika ditingkatkan 1 level ke i5 atau yang setara. Dengan begitu, kerja laptop akan lebih leluasa dan pemakaian laptop juga akan lebih puas karena tidak akan terganggu oleh lag dan error lainnya.

Setahu oting, untuk game, laptop tersebut memerlukan graphic card yang lebih mumpuni. Karena pada dasarnya game membutuhkan graphic card untuk menjalankan animasi atau grafis yang terdapat di dalam game tersebut.

Jadi itulah penjelasan singkat mengenai pemilihan spesifikasi yang pas untuk laptop gaming dan multimedia. Terima kasih sudah membaca, dan jika ada pertanyaan silahkan hubungi oting dengan klik whatsapp di bawah ini.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: