>

Tangan Keriput dan Sakit Setelah Mengaplikasikan Cat Rambut

Halo bos bis semuanya! Assalamualaikum! Mengecat rambut dengan berbagai macam warna menjadi tren fashion saat ini. Banyak merk kecantikan yang menawarkan berbagai macam warna cat rambut mulai dari warna pastel dengan pilihan warna pink, kuning, biru, ungu, dan abu, dan juga warna natural seperti hitam, coklat, coklat karamel, golden brown, burgundy dan blue black. Dengan adanya produk kecantikan cat rambut ini, bisa lebih memudahkan customer untuk mengecat rambut sendiri di rumah. Ditambah, harga yang ditawarkan jauh lebih murah dibanding mengecat rambut di salon. Jika mengecat rambut di salon butuh biaya mulai dari 200 ribu rupiah, mengecat sendiri di rumah butuh biaya hanya dari 10 ribu rupiah saja.

Bahan pada cat rambut

Perlu diketahui bahwa cat rambut mengandung kandungan kimia yang bisa menyebabkan alergi. Untuk itu dalam penggunaannya tidak boleh terkena pada kulit langsung. Bahan kimia yang terkandung pada cat rambut antara lain ammonia, para-phenylenediamine (PPD), hidrogen peroksida, dan timbal asetat. Bahan kimia ini memang dapat mengoptimalkan pewarnaan rambut, tapi juga dapat menimbulkan efek samping.

Para-phenylenediamine (PPD) memicu iritasi mata, reaksi alergi, dan zat penyebab kanker (karsinogen). Formaldehida bersifat karsinogen dan memicu kerusakan janin di dalam rahim. Iritasi pada kulit yang dimaksud adalah bisa dengan gatal-gatal, kemerahan, pembengkakan, dan alergi ini bisa berlangsung 2 hingga 7 hari lamanya.

Dan alergi ini tidak menutup kemungkinan terjadi pada area tangan jika memang tangan yang digunakan untuk mengecat tidak memakai sarung tangan.

Cara pakai cat rambut

Seperti yang ditulis di atas bahwa cat rambut mengandung bahan kimia yang bisa menyebabkan alergi, untuk itu penggunaann cat rambut harus lebih diperhatikan.

Jika bos bis memang terpaksa mengecat rambut sendiri di rumah, sebelum mengecat rambut ada alat-alat yang harus bos bis siapkan.

  1. Mangkuk bahan
  2. Sisir dan kuas cat
  3. Penutup telinga
  4. Penutup badan
  5. Sarung tangan
  6. Hair cap
  7. Spatula
  8. Jepit rambut besar

Meski banyak yang dibutuhkan tapi sebenarnya harganya tidak mahal. Bos bis bisa mencari penjual yang menjual satu set alat cat rambut ini di marketplace.

Pastikan bos bis melakukan tes alergi terlebih dahulu sebelum mulai. Mulailah pakai penutup badan, penutup telinga dan sarung tangan sebelum memulai mengecat rambut sendiri. Pakai mangkuk dan spatula untuk mengaduk bahan cat, gunakan sisir dan kuas cat untuk mulai mengaplikasikan dan jepit rambut agar rambut tidak terkena mata. Setelah selesai pengecatan, tutup rambut dengan haircap.

Jadi itulah penjelasan mengenai reaksi alergi setelah mengecat rambut. Terima kasih sudah membaca hingga akhir, jika ada pertanyaan silahkan hubungi oting dengan klik ikon whatsapp di bawah ini.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: ,