Tips Investasi Untuk Yang Bergaji Kecil

Halo bos bis semuanya! Assalamualaikum! Setelah oting membahas cara mengatur keuangan dengan gaji kecil, kali ini oting akan berbagi tips investasi untuk bos bis yang bergaji kecil. Sebagian orang masih berpikir bahwa untuk berinvestasi diperlukan dana yang cukup besar, padahal ada banyak instrumen investasi yang bisa dipilih bagi bos bis yang bergaji kecil. Diantaranya adalah reksadana, emas digital, deposito, tabungan berjangka dan bahkan saham.

Di bawah ini oting akan coba menjelaskan beberapa tips untuk investasi bagi bos bis yang bergaji kecil. Bos bis bisa terapkan tips tersebut untuk mulai berinvestasi.

1. Pelajari setiap instrumen investasi

Hal pertama yang harus bos bis lakukan adalah dengan mempelajari setiap instrumen investasi. Bos bis bisa mempelajarinya melalui buku, artikel atau bahkan video dari para pakar investasi. Tujuan mempelajari instrumen investasi adalah agar bos bis dapat menentukan instrumen investasi mana yang paling cocok untuk bos bis.

2. Mulai investasi modal kecil

Setelah memahami setiap instrumen investasi dan sudah menentukan mana yang cocok untuk bos bis, bos bis bisa mulai berinvestasi dengan modal kecil yang bos bis miliki.

Contohnya, bos bis bisa mulai membeli 1 lot saham setiap bulannya. Setiap saham berbeda-beda harganya, dan 1 lot biasanya berjumlah 100 lembar saham. Misalnya, saham GoTo yang harga per lembarnya Rp. 286,-. Atau bos bis bisa mulai dengan reksadana yang dapat berinvestasi mulai dari Rp. 10.000,-.

3. Seusaikan profil resiko

Jangan sampai berinvestasi hanya ikut-ikutan saja ya bos bis. Bos bis harus memahami resiko setiap instrumen investasi sebelum mulai berinvestasi. Diantaranya, saham yang memiliki profil resiko tinggi karena angkanya yang fluktuatif, reksadana pasar uang memiliki profil resiko rendah karena pasar uang cenderung naik, dan lain sebagainya. Pilih instrumen investasi sesuai dengan profil resiko yang bisa bos bis tanggung.

4. Konsisten dan disiplin

Dalam dunia investasi perlu adanya konsisten dan disiplin dalam membeli investasi setiap bulannya. Hal ini bertujuan agar bos bis mendapatkan hasil keuntungan yang maksimal. Membangun kebiasaan dan memperbanyak pengalaman berinvestasi jauh lebih penting karena bos bis bisa sekaligus mempelajari pergerakan investasi. Jangan panik saat nilai investasi mengalami penurunan. Investor profesional justru membeli investasi saat nilainya sedang turun. Namun pelajari kembali investasi tersebut sebelum memutuskan untuk membeli atau menjualnya.

Jadi itulah tips investasi untuk yang bergaji kecil. Terima kasih sudah membaca hingga akhir dan semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan hubungi oting dengan klik ikon whatsapp di bawah ini. Bos bis juga bisa mencari artikel lain dengan memasukkan kata kunci ke kolom pencarian yang ada di bagian atas halaman ini.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: