Kenali Untung Dan Rugi Beli Laptop Black Market

Halo bos bis semuanya! Assalamualaikum! Harga laptop hari ini memang sedang mahal-mahalnya. Hal ini diakibatkan nilai tukar dollar naik dan juga permintaan pasar yang tinggi. Bagi yang mungkin sangat memerlukan laptop saat ini, harga yang tinggi ini akan menjadi penghalang dan akhirnya mencoba solusi membeli laptop secara ilegal atau yang biasa kita sebut dengan Black Market.

Keuntungan membeli Black Market

Banyak yang akhirnya memilih untuk membeli barang Black Market. Hal ini dikarenakan harganya yang sangat jauh lebih murah dibandingkan dengan pembelian resmi. Sudah seperti itu, barang yang didapat juga bagus dengan merk yang bagus juga dan spesifikasi yang tinggi. Jika dibandingkan dengan harga resmi, kemungkinan perbedaan harganya dengan merk dan spesifikasi yang sama bisa 500 ribu rupiah lebih murah daripada harga resmi.

Kerugian membeli Black Market

Black market atau BM merupakan pasar gelap yang terkenal sebagai pasar penyelundupan barang-barang mahal. Karena ini merupakan pasar gelap, asal muasal barang tersebut juga dirahasiakan. Bisa jadi curian, selundupan, dan hasil refurbish. Refurbish adalah barang-barang lama yang disulap sedemikian rupa sehingga terlihat baru.

Meskipun penjual seringkali mengatakan bahwa mereka memberikan garansi ganti baru selama 1 bulan. Tapi tidak ada yang menjamin bahwa barang akan tidak akan rusak selamanya setelah 1 bulan garansi tersebut. Bisa saja barang rusak saat dipakai setelah 3 bulan pemakaian. Karena pembelian di black market, akhirnya barang atau laptop tersebut tidak dapat di service di service center resmi karena tidak terdaftar di sana.

Jika begini, kerugian akan datang 2x lipat. Terlebih lagi, laptop bukan barang mahal yang bisa dibeli dengan harga ratusan ribu, tapi jutaan.

Kesimpulan

Oting tidak menyarankan bos bis untuk membeli di Black Market karena resikonya besar. Bos bis bisa membeli laptop bekas dulu dan menabung untuk mendapatkan laptop impian di kemudian hari. Daripada langsung mendapatkan laptop impian namun ternyata bermasalah setelah pemakaian beberapa bulan.

Jadi itulah keuntungan dan kerugian membeli laptop Black Market. Terima kasih sudah membaca sampai akhir, jika ada pertanyaan silahkan hubungi oting dengan klik ikon whatsapp di bawah ini.

artikel ini disiapkan oleh:

Irma Nurhayati

Aku Irma. Pencinta buku yang suka berbagi pengalaman membacanya di blog dan sosial media.

pertanyaan lebih lanjut hubungi via WhatsApp
Categorised in: